Berita Utama

Masa Berlaku Habis, E-KTP Tetap Berlaku

NIAS UTARA, IGLOBALNEWS.CO.ID
Masyarakat tidak perlu panik bila masa berlaku E-KTP-nya akan berakhir sebagaimana masa berlaku yang tertera di E-KTP.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias Utara Krispinus Baeha saat ditemui iGlobalnews di ruang kerjanya, Rabu (19/12/2018).

“Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor: 470/296/SJ tertanggal 29 Januari 2016, dijelaskan bahwa E-KTP berlaku seumur hidup sebagaimana tercantum dalam pasal 64 ayat 7 huruf a UU Nomor 24 tahun 2013,” Kata Krispinus Baeha.

Lanjut Baeha menjelaskan, “E-KTP yang terbit sebelum ditetapkannya UU Nomor 24 tahun 2013 (Masa berlaku di E-KTP tercantum) tidak perlu diperpanjang lagi bila masa berlaku mau berakhir karena E-KTP tersebut tetap berlaku meskipun tidak diperpanjang masa berlakunya.”

E-KTP yang dicetak setelah ditetapkannya UU No 24 tahun 2013 tidak lagi dicantumkan limit waktu masa berlaku tetapi dibuat berlaku seumur hidup.

“Oleh karena itu, kami menghimbau kepada masyarakat yang mau berakhir masa berlaku E-KTP-nya tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlaku E-KTP karena E-KTP berlaku seumur hidup,” Jelas Baeha mengakhiri.

Penulis: Parlin Dawolo.
Editor: Dny.

print

Berita Populer

To Top