BANDA ACEH

Dorong Kemajuan BPKS, YARA Gelar FGD

BANDA ACEH, IGLOBALNEWS.CO.ID – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mengadakan Fokus Discusion Grup (FGD) tentang Penguatan dan Pemanfaatan Sabang untuk peningkatan kesejahteraaan masyarakat Aceh.

Acara FGD yang turut menghadirkan pihak Manajeme BPKS, Dewan Kawasan sabang (DKS) dan Akademisi berlangsung di salah satu Hotel di Kota Banda Aceh, Senin (17/12/2018).

Sejak Tahun 2000 Pemerintah Pusat telah menetapkan Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas yang tertuang dalam Undang Undang No. 37 tahun 2000 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2000.

Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa kawasan Sabang terletak pada posisi yang strategis, Pemerintah Indonesia melihat bahwa kawasan Sabang dapat difungsikan sebagai tempat pengumpulan dan penyaluran hasil produksi dari/dan keseluruh wilayah Indonesia serta negara-negara lain; untuk pengembangan industry sarat teknologi yang dapat memberikan manfaat di masa depan, yang selanjutnya akan mendorong dan meningkatkan daya tarik serta memberikan kepastian hukum bagi penanam modal asing dan dalam negeri.

Ketua YARA Safaruddin, SH menyebutkan bahwa pihaknya mendorong dalam berbagi cara dalam memajukan BPKS. Salah satu cara yang dilakukan oleh YARA merupakan FGD.

“FGD ini merupakan salah satu dorongan kita dalam memajukan BPKS ini,” ujar Safar.

Oleh sebab itu, dalam diskusi tersebut YARA menghadirkan berbagi pihak seperti tokoh akademisi dan juga dari pihak manajemen BPKS sendiri. Setelah menghasilkan berbagai rekomendasi dari FGD tentu akan menjadi masukan bersama.

“FGD ini kita ingin melihat Sabang, dengan kita hadirkan dari manajemen dan Dewan Kawasan Sabang,” tambahnya.

Selain itu, kata Safar bahwa pihaknya juga akan terus mengawal terhadap kemajuan yang dihasilkan oleh BPKS. Bahkan dia juga meminta untuk bisa menerangkan kepada public apa yang di maksud dengan bebas.

Baca Juga  Yayasan Kareuya Sijahtera Launching di Banda Aceh

Sementara Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang membuka langsung acara tersebut mengharapkan untuk menghasilkan berbagai rekomendasi- rekomendasi dalam kemajuan BPKS.

“Forum semacam ini merupak forum akademik, maka harus mengupas apa adanya secara jujur,” tegas Nova.

Selain itu, ia sangat mengharapkan untuk tidak menyeret lembaga tersebut ke dalam ranah politik, dikarenakan bukan lembaga politik.

“Makanya jangan dibawa ke politik,” tegas dia.

Penulis : Ikhsan.
Editor : AJ.

print

Berita Populer

To Top