BANDA ACEH

Dewan Pimpinan Ikatan Da’i Aceh Akan Gelar Uji Baca Al-Quran terhadap Capres dan Cawapres

BANDA ACEH, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dewan Pimpinan Ikatan Da’I Aceh akan menyelenggarakan tes uji kemampuan baca Al Quran kepada Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI di Mesjid Raya Baiturrahman Kota Banda
Aceh pada 15 Januari 2019 nanti.

“Maka pada kesempatan ini, kami; Ikatan Da’i Aceh, akan menyelenggarakan tes uji kemampuan baca Al-Quran terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden. Sehubungan dengan itu, maka perlu kami sampaikan beberapa hal terkait penyelenggaraan kegiatan tersebut,” kata Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Da’I Aceh, Tgk Marsyuddin Ishaq, Sabtu (29/12/2018).

Ikatan Dai Aceh juga turut mengirimkan langung surat undangan kepada kedua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Pemilihan Presiden hanya tinggal 3 bulan lagi, pada bulan april 2019 kelak kita akan memilih pemimpin Indonesia untuk 5 tahun ke depan. Meski demikian, di tingkat bawah perdebatan demi perdebatan tentang siapa yang lebih layak menjadi presiden terus mengemuka bahkan sejak 4 tahun terakhir.

Tahun 2018 ini mencapai puncaknya, perdebatan itu berubah bentuk menjadi pertarungan. Ruang publik tidak lagi dipenuhi dengan diskusi adu program dan gagasan, akan tetapi telah berubah menjadi pertarungan adu fintah, saling menyalahkan hingga saling mengkafirkan. Fenomena ini tentu saja bertolak belakang dengan nilai-nilai keislaman yang selama ini dianut oleh masyarakat Indonesia,”papar Marsyuddin.

Menurutnya, sebagai negara dengan populasi Islam terbesar di dunia, keislaman seorang pemimpin sangat penting, sebab menjadi presiden berarti menjadi imam bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam Islam, seperti yang disebutkan dalam kitab al-ahkam as-sulthaniyah karya Imam Al-Mawardi, salah satu syarat menjadi pemimpin adalah Islam dan Beriman.

“Setiap hamba yang beriman pasti akan menjujung tinggi perintah Allah dan Rasulnya. Sebab Itu merupakan tanda-tanda orang beriman,” tegasnya.

Baca Juga  Asisten I Irup Hari Kesaktian Pancasila

Oleh karena itu, lkatan Da’i Aceh sebagai organisasi yang mengkhususkan diri pada pengembangan dakwah dan syiar Islam hendak turut serta mengambil peran dalam pesta demokrasi kali ini. Peran tersebut diantaranya berupaya memberikan pendidikan politik kepada rakyat.

“Khususnya yang beragama Islam, soal kapabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam memanifestasikan nilai-nilai keislaman dan keimanan. Pemanifestasian nilai-nilai keislaman dan keimanan ini, dalam
kacamata kami, sekurang-kurangnya dapat membaca dengan baik ayat-ayat suci Al-Quran. Berkaitan dengan itu, kami memandang perlu dan mendesak supaya diadakannya suatu forum untuk tes uji kemampuan baca al-Quran terhadap
masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden, sebagaimana yang telah diterapkan selama bertahun-tahun kepada setiap calon pemimpin di Aceh, baik legislatif maupun eksekutif,” sebutnya.

Penulis : Ikhsan
Editor : AJ.

print

Berita Populer

To Top