Papua

Melalui Bercocok Tanam Jagung Kelompok Tani Jaya Wujudkan Swasembada Pangan di Timika

Terbit Tanggal 18 Oktober 2018 oleh iGlobalNews

Photo anggota TMMD bersama kelompok tani sedang melakukan penanaman jagung

Photo anggota TMMD bersama kelompok tani sedang melakukan penanaman jagung

TIMIKA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Kelompok tani jaya desa Naena, Muktipura bersama anggota Kodim 1710/Mimika melakukan penanaman jagung guna mewujudkan swasembada pangan di Mimika Baru, Kamis (18/10/2018).

Dengan melihat Potensi pertanian di Kabupaten Mimika cukup menjanjikan, dengan kondisi geografis yang mendukung juga adanya sumber daya manusia dan fasilitas pendukung.

Pasiter Kodim 1710 kapten Inf Ahmad Zaini mengatakan Kegiatan ini merupakan bentuk pendampingan Kodim sebagai komando kewilayahan dalam mewujudkan swasembada pangan di wilayahnya.

” Pada kegiatan ini padi yang ditanam adalah jenis hibrida yang memiliki sifat unggul dalam beberapa hal dan cocok dikembangkan di Kabupaten Mimika. Dinas Pertanian pun turut hadir dalam kegiatan ini dan bersama-sama melaksanakan penanaman jagung,” katanya.

Dia mengakui total lahan yang akan ditanami jagung sekitar 250 ha yang tersebar di 5 distrik dan saat ini baru ditanami sekitar 80% (persen).

Namun hal ini akan terus dikembangkan secara bertahap hingga 100% (persen).

“Seperti di kampung Naena Muktipura sendiri target penanaman jagung adalah seluas 35 ha. Kadis pertanian, Yohana Paliling mengaku senang dengan adanya bantuan dari Kodim dan diharapkan pengembangan pertanian di Kabupaten Mimika akan terus berkembang,” ucap Ahmad

Sementara itu Ketua kelompok tani Jaya tidak lupa memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih pada anggota Kodim yang ikut membantu sehingga penanaman jagung bisa lebih cepat.

“Kami berharap jagung dan padi yang hingga kini dikembangkan di kampung Naena Muktipura bisa menjadi komoditas dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di masa yang akan datang,” ucapnya.

Penulis : Ir.
Editor : Aj.

print

Dirgahayu Kota Tangerang

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top