Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
Berita Utama

Ini Penjelasan PT Vale Indonesia tentang MoU Kelistrikan dengan PLN Wilayah Sulselrabar

PT Vale Indonesia

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dalam rencana pengembangannya, PT Vale menargetkan kenaikan kapasitas produksi nickel matte tahunan sebesar 90 kilo ton pada tahun 2022.

Saat ini PT Vale memiliki produksi rata-rata sebesar 77 kilo ton pertahun. Kapasitas produksi saat ini dihasilkan oleh pabrik pengolahan yang mendapat suplai energi listrik sebesar 365 megawatt (MW) dari tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) milik PT Vale.

Selain untuk keperluan pabrik pengolahan, energi listrik dari ketiga PLTA tersebut juga didistribusikan bagi masyarakat Luwu Timur sebanyak 10,7 MW melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Rencana peningkatan kapasitas produksi pabrik pengolahan Perseroan mensyaratkan tambahan suplai energi listrik, di luar yang sudah ada saat ini. Karena itu PT Vale menjajaki kerja sama dengan penyedia energi listrik utama yaitu PLN.

Dengan kapasitas daya mampu PLN di Sulawesi bagian Selatan (Sulbagsel) sebesar 1560 MW dan beban puncak sebesar 1100 MW, ada ketersediaan daya sebesar 460 MW lagi yang dapat dimanfaatkan oleh pihak industri untuk peningkatan produksi dan masyarakat pada umumnya.

Presiden Direktur & CEO PT Vale Nico Kanter menjelaskan, bahwa telah dilakukan penandatanganan MoU antara PT Vale dengan PLN pada hari Senin, 30 Juli 2017. Ini merupakan upaya Perseroan untuk mendapatkan dukungan sistem kelistrikan yang memadai untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produksi. Hal ini diungkapkan pada Selasa (31/07/2018).

Foto: Nico Kanter Presdir and CEO PT Vale Indonesia Tbk.

Foto: Nico Kanter Presdir and CEO PT Vale Indonesia Tbk.

Pada langkah awal, akan dilakukan studi untuk menjajaki pembangunan jaringan listrik tegangan tinggi 150 kilovolt (KV) yang menghubungkan jaringan listrik PLN dan PT Vale. Kerja sama bidang kelistrikan ini nantinya diharapkan dapat menyuplai daya tambahan untuk meningkatkan kapasitas pabrik pengolahan PT Vale Indonesia di Sorowako.

Baca Juga  SPN Gelar Seminar Sehari

“Pelayanan PLN sudah semakin baik sekarang dan dapat memenuhi kebutuhan energi Perusahaan kami ke depan. Kami berharap agar PLN wilayah Sulselrabar dan kami di PT Vale dapat terus berkomunikasi agar layanan ketenagalistrikan dapat segera direalisasikan. Dengan demikian target produksi 90 kilo ton dapat kami wujudkan,” ujar Nico.

Sementara itu, General Manager PT PLN wilayah Sulselabar, Bambang Yusuf menyatakan bahwa pihaknya siap untuk menyuplai listrik bagi masyarakat dan pengusaha di wilayah Sulselrabar.

Bambang Yusuf menambahkan, bahwa penandatanganan MoU ini merupakan kesempatan besar karena pelanggan dapat mempercayakan pasokan listriknya kepada PLN.

Peliput: Abd Rahman Tanra.
Editor: Dani.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top