Leaderboard
Berita Utama

Nelayan Minta Pemda Bangun TPI di Bungku Timur

TPI di Bungku Timur

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pada musim teduh, nelayan di Kabupaten morowali mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah sehingga berkesempatan meraup keuntungan.

Hal ini terlihat di salah satu pelabuhan ikan dadakan di Desa Kolono Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali. Setiap hari terlihat ramai dikunjungi oleh sejumlah tengkulak dan pedagang keliling serta masyarakat sekitar yang menggunakan roda empat maupun roda dua. Para pedagang terlihat ramai menunggu kapal nelayan berlabuh.

Kapten Km Mitra Bahari 05 A, Hajrin mengungkapkan bahwa hasil tangkapan beberapa bulan terakhir cukup melimpah. Hajrin mengaku terkendala saat bongkar hasil tangkapan karena harus transit lagi menggunakan sampang. Mestinya di wilayah ini harus dibangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sehingga kapal nelayan bisa sandar di pelabuhan TPI.

“Saat ini masih menggunakan pelabuhan sementara milik masyarakat,” tuturnya.

Hajrin menambahkan, “Selayaknya pemerintah daerah membangun Tempat Pelelangan Ikan di wilayah Desa Kolono. Pertimbangannya selain sangat strategis, juga dekat dengan jalan trans Sulawesi sehingga mempermudah bagi pedagang dari berbagai daerah untuk membeli ikan.”

“Selain itu, di area pelabuhan sudah tersedia pabrik es. Jadi sangat mempermudah bagi pedagang,” kata Hajrin saat ditemui media pada Senin (2/4/2018) di Pelabuhan Ikan Kolono.

“Ada tiga kapal nelayan yang berlabuh di pelabuhan ini setiap hari. Yakni Mitra Bahari 05A, Km Mitra Bahari 07 dan Km Mitra Bahari 01. Setiap kapal berkapasitas 17 ton dengan hasil tangkapan dalam sehari rata-rata 3 ton dengan berbagai jenis ikan. Alat tangkap yang kami gunakan berupa Jaring,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa jika harga pasaran tergantung kondisi dan cuaca serta harga BBM. Rata-rata saat ini harga ikan dijual Rp 900 ribu per basket dengan berbagai jenis ikan. Pemasaran ikan di daerah ini cukup potensial, karena setiap pulang, hasil tangkapan langsung diserbu pembeli.

Baca Juga  Kadis Dinkes Morowali: TPP PNS Bukan Dipotong, Keuangan Daerah Tidak Cukup

 

“Saya berharap pemerintah daerah dapat membangun TPI di wilayah ini. Lokasinya sangat strategis,” ujarnya.

“Di sini pembeli berasal dari berbagai daerah. Salah satu pembeli yang mendominasi dari provinsi Sulawesi Selatan dan beberapa daerah di Sulawesi Tengah dengan menggunakan mobil open,” kata Hajrin.

Salah seorang pedagang keliling mengungkapkan rasa senangnya atas kehadiran pelelangan ikan dadakan (darurat) di Desa Kolono.

“Selain mudah dijangkau juga tersedia pabrik es di area pelelangan itu. Tinggal bagaimana pemerintah daerah memberikan dukungan dengan membangun TPI,” harapnya.

Peliput: Abd Rahman Tanra.

print
Iklan Kasat Lantas Polres Metro Kota Tangerang Iklan HUT Kota Tangerang ke-26 SMAN 8

Berita Populer

To Top