Papua

Jadilah Prajurit Berprestasi Bagi Satuan, Bangsa dan Negara

on

PAPUA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono memimpin Acara Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Prajurit Korem 171/PVT yang berprestasi bertempat di Lapangan Apel Korem 171/PVT, Sorong – Papua Barat, Rabu (25/04/18).

Acara ini dihadiri oleh Kasrem 17/PVT Kolonel Inf Dian Sundiana, para Kepala Seksi Korem 171/PVT, para Komandan Satuan dan Kabalak Aju jajaran Korem 171/PVT, Prajurit dan PNS Korem 171/PVT.

Dalam sambutan Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyampaikan apel khusus yang dilaksanakan ini dalam rangka memberikan penghargaan kepada Pelda Yusuf Mobilala Babinsa Makbon yang telah berprestasi dengan berhasil menurunkan atau menerima satu pucuk senjata pada tanggal 21 April 2018.

“Jadi inilah bukti dari keberhasilan tugas, profesionalisme prajurit yang diterapkan di lapangan, komunikasi sosial, pembinaan masyarakat yang menjadi tanggung jawab tugas dari Babinsa,” tutur Ignatius Yogo Triyono.

Ia melanjutkan, “Sehingga masyarakat memberikan kepercayaan yang tinggi kepada seorang Babinsa, seorang masyarakat yang menemukan senjata di sebuah kolam dan menghubungi Pelda Yusuf Mobilala dan melaporkan hasil penemuan senjata tersebut dan diserahkan.”

“Bila masyarakat tidak percaya dengan TNI maka senajata itu akan diserahkan kepada pihak lain namun sebaliknya tidak. Sehingga pimpinan menilai bahwa Pelda Yusuf selaku Babinsa di daerah itu
telah melaksanakan tugasnya secara professional,” kata dia.

“Ini semua adalah sebuah prestasi dalam militer yang merupakan konsep reward and phunisment (penghargaan dan hukuman). Bagi anggota yang berbuat pelanggaran akan dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku tapi bagi anggota yang berprestasi akan diberi penghargaan. Untuk itu Pelda Yusuf diberi Piagam Penghargaan dan penghargaan lainnya, dan akan disekolahkan Secapa dengan rekomendasi dari Pangdam XVIII/Ksr. Itu semua merupakan buah dari hasil profesionalisme, ketekunan, kedisiplinan dalam berdinas,” terang Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono.

Baca Juga  KONTAK SENJATA DENGAN KELOMPOK TPN/OPM,1 ORANG TEWAS

Ia menambahkan, “Kita semua bisa mencontoh dari kinerja Pelda Yusuf berbuatlah prestasi sebanyak-banyaknya sebisa yang kita lakukan. Sesuai kemampuan kita dan jauhi pelanggaran karena masih banyak prajurit yang berbuat pelanggaran di wilayah Korem 171/PVT. Untuk itu jauhi pelanggaran dan buat prestasi di bidang olahraga dan bidang yang lainnya. Pasti pimpinan melihat apa yang kita lakukan.”

“Bila tidak bisa berbuat prestasi maka dengan loyalitas berdinas sehari-hari juga merupakan sebuah prestasi. Selama ini survei terhadap TNI sangat tinggi dari masyarakat 95% lebih yang menyatakan bahwa masyarakat percaya terhadap TNI. Semua didapat dari tugas-tugas kita di masyarakat dengan datang ke kampung memberikan pengarahan, ceramah tentang kebangsaan, membina masyarakat,” tuturnya.

Tugas Babinsa adalah membina masyarakat, mencakup banyak aspek positif sebagai pelatih, pengayom masyarakat.

Menjadi seorang Babinsa bila terjadi masalah jangan menimbulkan masalah baru melainkan dengan cara persuasif, kekeluargaan, komunikasi sosial yang baik tidak dengan cara kekerasan, represif.

Sehingga dari penemuan senjata ini kita perlu cermati bahwa Sorong Raya ini masih ada senjata, dengan senjata yang ditemukan ini masih di selidiki milik siapa bila itu dipakai oleh pelaku kejahatan, kriminal apalagi gerakan separatis bisa berbahaya dan mematikan.

“Bagi prajurit jajaran Korem 171/PVT tetap menjaga keamanan, tetap komunikasi dengan masyarakat sekelilingnya untuk menjaga keamanan lingkungan, semoga dengan prestasi ini membangkitkan semangat kepada rekan-rekan yang lain untuk berbuat yang terbaik memberikan prestasi untuk satuan dan untuk negara yang kita cintai,” pungkas Ignatius Yogo Triyono.

Penulis: AJ

print

About Danny Adetya

Recommended for you