Leaderboard
Politik

Aliansi Kotak Kosong Datangi Kantor KPUD Kabupaten Tangerang

Aliansi Kotak Kosong

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Aliansi Kotak Kosong mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang. Kedatangannya diterima KPU Kabupaten Tangerang dan digelar secara tertutup, Selasa (16/1/2018).

Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abidin membenarkan bahwa sekelompok orang yang mengatas namakan sebagai Aliansi Kotak Kosong mendatangi pihaknya.

“Memang ada kelompok Aliansi Kotak kKosong datang ke sini, tujuan mereka untuk menanyakan 2 hal pertanyaan yaitu desain mengenai surat suara dan mereka meminta kami (KPU) untuk menyosialisasikan kotak kosong ke masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya, pihaknya pun masih menunggu arahan dari KPU RI akan mekanisme seperti apa yang akan diterapkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati Tangerang 2018.

“Kami masih menunggu arahan KPU RI akan langkah selanjutnya,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya pun tetap ke depannya akan menyosialisasikan ke masyarakat mengenai mekanisme pencoblosan.

“Kalau yang ditetapkan oleh KPU RI UU No. 10 Tahun 2016, masyarakat mencoblos kotak kosong sah dan jika mencoblos gambar pasangan calon juga sah,” terangnya.

Ketua Aliansi Kotak Kosong Mohammad Jembar mengatakan, terkait kedatangannya dengan teman-teman relawan kotak kosong yang lain untuk melakukan konsultasi dan menyakan tentang UU atau aturan terkait kotak kosong.

“Alhamdulillah silahturahmi ini diterima dengan baik, kami hadir mempertanyakan regulasi hak masyarakat dalam melakukan kampanye dan sosialisasi pilihan kotak kosong, agar nantinya tidak berbenturan atau kami melakukan pelanggaran hukum,” jelasnya.

Maka dengan ini, pihaknya meminta kepada KPU untuk menjelaskan hak-hak sosialisasi kotak kosong untuk melakukan kampanye.

Ia juga meminta kepada KPU, jika nantinya pihaknya diperkenankan melakukan kampanye kotak kosong di Kabupaten Tangerang, tolong adanya pengamanan diberikan oleh pihaknya.

“Saya berharap kampanye atau sosialisasi kotak kosong tidak adanya ancaman dan perlunya pengamanan dan disetarakan oleh paslon, hak dan kewajiban itu kita pertanyakan, biar tidak ada salah paham dalam menentukan hak-hak konstitusi yang sudah diatur oleh Undang-Undang No 10 tahun 2016 tentang Pemilu dan Pilkada,” tegasnya.

Baca Juga  Dua Saksi dari PT WMM Bantah BAP Polisi Dalam Sidang HAKI Desain Industri

Seluruh relawan yang lain pun siap dan sepakat untuk menjaga Pilkada Kabupaten Tangerang agar aman dan damai dalam pelaksanaannya.

“Harapan kami sebagai aliansi kotak kosong agar demokrasi berlangsung tanpa ada intimidasi oleh siapapun dalam perbedaan menentukan pilihan. Hak yang sama bagian dari pembelajaran bagi masyakat tentang demokrasi tanpa harus ada rasa permusuhan. Hak akan memilih merupakan bagian dari masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dalam berdemokrasi. Aliansi kotak kosong pilihan rakyat, maka kita tetap menjunjung tinggi aturan dalam proses demokrasi,” ujarnya.

Editor: Haerul

print

Berita Populer

To Top