Jakarta

Imam Nahrawi Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkup Kemenpora

Imam Nahrawi

JAKARTA – iGLobalNews | Selasa (14/11/2017) Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) serta Direktur Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK)  di Lingkup Kementerian Pemuda dan Olahraga dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi Selasa (14/11/2017), di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Selain dilantik dilakukan juga penandatanganan Sumpah Jabatan yang disaksikan oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta.

Dilantiknya pejabat Eselon I tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Republik Indonesia  Nomor 127/TPA Tahun 2017 Tentang: Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sedangkan jabatan direktur sendiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 92 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Direktur  Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan.

Mereka yang dilantik diantaranya, Mulyana sebagai Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga mengantikan Yuni Poerwanti sebelumnya menjabat Plt. Deputi Bidang Peningkatan  Prestasi Olahraga, M. Asrorun Ni’am, sebagai Deputi Bidang Pengembangan Pemuda mengantikan posisi Jonni Mardizal sebelumnya menjabat Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda dan Agus Hardja Santana sebagai Direktur Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan Badan Layanan Umum (LPDUK).

Saat menyampaikan sambutannya Menpora mengatakan, bahwa pelantikan ini dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik agar tetap berjalan terutama yang terkait dengan tugas dan fungsi Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Menurut Nahrawi mantan anggota DPR dua periode ini, pelantikan ini hendaklah dimaknai dari sudut kepentingan organisasi dan efektivitas kinerja bukan hanya  sekedar penempatan figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu tetapi juga bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai, yang secara keseluruhan sebagai upaya penyegaran dan peningakatan kinerja.

Baca Juga  KPK Memanggil Menkumham Yasonna Laoly, Sebagai Saksi E KTP

Ditambahkan Menpora, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda diharapkan dan bahkan sesegera mungkin untuk melakukan redefinisi dan reposisi peran pemuda dalam era percepatan pembangunan yang menuntut peran serta pemuda secara signifikan.

“Kita memahami, bahwa jumlah usia muda yang dalam istilah demografi sering disebut sebagai usia cukup produktif. Hal ini, bisa menjadi bonus tetapi sebaliknya bisa juga sebagai persoalan bagi bangsa Indonesia. Apalagi Peraturan Presiden No. 66 tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan telah disahkan sejak bulan juli 2017. Dan itu berarti tugas saudara Deputi Bidang Pengembangan Pemuda sangat strategis dan penuh tantangan,” jelasnya.

Lanjut kata dia, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Menpora berpesan agar langsung tancap gas dan menjadi memimpin sektor dalam percepatan penyiapan peningkatan prestasi olahraga nasional menjelang Asian Games dan juga Asian Para Games Tahun 2018.

Untuk Deputi IV sendiri, Imam mendorong harus cepat melakukan penyesuaian dan berinteraksi secara koordinatif dengan para pemangku kepentingan.  Baik buruknya kinerja Kemenpora di mata publik pada umumnya sangat ditentukan oleh kinerja Deputi IV.

“Direktur Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan – Badan Layanan Umum (LPDUK-BLU). Lembaga ini baru dan telah dibentuk di antaranya dalam rangka mendukung INASGOC  dalam penyelenggaraan persiapan Asian Games Tahun 2018 dimana sesuai ketentuan yang ada dipandang perlu dibentuk BLU  untuk melakukan pengelolaan sumber keuangan yang terutama berasal dari seiumlah sponsor. Mengingat ini lembaga baru, tentu akan banyak menjadi sorotan publik dan sangat diharapkan perannya secara konstruktif  bagi persiapan Asian Games yang sudah makin dekat,” ujarnya.

Editor : Jerry Massie

print
To Top