Serang

Menyongsong Pilkada 2018 PDIP Ekstra Hati-Hati Dalam Memilih Calon

Pilkada 2018

Serang – iGlobalNews, Pada Pilkada 2018, empat daerah di Banten akan menentukan pimpinan daerah sebagai Bupati dan Wali kota. Beberapa daerah tersebut adalah Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang. Sementara itu, PDIP sampai saat ini belum menentukan calon yang akan diusung di beberapa daerah tersebut.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhati-hati menetapkan calon Bupati dan Wali kota di Provinsi Banten untuk Pilkada Serentak 2018. Mengkoreksi pemilihan Pilkada sebelumnya, PDIP memiliki pengalaman buruk melihat jabatan kepala daerah di Banten dibagi-bagi.

Selaku Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memapaparkan ketika menemui di kantor DPD PDIP Banten, Kota Serang, pada Senin (4/9/2017). Hasto menyampaikan, “Kita punya pengalaman buruk bagaimana politik hanya dibagi-bagi untuk kepentingan keluarga, kekuasaan yang dipakai untuk korupsi memperkaya diri, maka partai hati-hati dan menyiapkan hal tersebut,” PDIP juga masih mengedepankan konsolidasi di lingkup internal partai.

Menurut Hasto, PDIP akan memprioritaskan pengumuman calon gubernur di 17 daerah yang ikut di Pilkda 2018. Hal ini Belajar dari Pilgub Banten 2017, Hasto memandang isu komunisme akan tetap dipakai lawan politik untuk menyerang partainya. PDIP pun sudah kuat dengan berbagai tekanan politik.

“Sebagai partai yang betul-betul kenyang di dalam politik melalui tekanan pada saat pemerintah Orde Baru, maka dengan dukungan rakyat kami yakin bisa mengatasi berbagai serangan negatif yang tidak bertanggung jawab tersebut,” tegasnya.

“PDI Perjuangan bisa mencalonkan sendiri. Kami telah mendengarkan dari tokoh yang ada dan sudah melakukan survei. Prinsipnya, kami tinggal mengambil keputusan di rapat pleno,” kata Hasto di kantor DPD PDIP Banten, Kota Serang, Senin (4/9).

Baca Juga  Wagub Banten Ingatkan Komitmen Lembaga Pendidikan Soal Bela Negara

Dari kami tinggal menunggu hasil rapat pleno partai untuk menentukan calon yang akan diusung dalam Pemilihan 2018. Berbagai pertimbangan strategis dan masukan dari tokoh masyarakat sudah didengarkan PDIP.

Tidak di sampai di situ saja Hasto mengatakan, PDIP sudah membangun dialog intensif dengan Partai Golkar. Dialog tersebut dilakukan berdasarkan peta politik yang mengacu pada konfigurasi koalisi partai di tingkat kabupaten dan kota.

tidak menutup kemungkinan PDIP juga akan melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Sejauh ini PDIP sudah melakukan komunikasi dengan beberapa partai, seperti Hanura dan PKB, untuk Pilgub Jabar. Komunikasi juga dilakukan dengan Muhammadiyah dan NU.

“PDI Perjuangan diproses penetapan memang tidak hanya berbasis elektoral, tapi dialog,” imbuhnya.( D_wo )

print

Berita Populer

To Top