Indonesia Ku

Soal Bendera Terbalik, Menpora dan Indonesia Akan Ambil Sikap

SEA Games 2017

Jakarta – iGlobalNews, Pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Sabtu (19/8/2017), Kuala Lumpur Malaysia. berlangsung meriah, Permainan tata cahaya menjadi awal pembuka SEA Games ke-29 tersebut, Ketika nama Indonesia disebut, seluruh penonton yang hadir, termasuk warga Malaysia bergemuruh, Mereka menyambut hangat kedatangan kontingen Indonesia yang dipimpin atlet renang Indonesia, I Gede Saman Sudartawa.

Sayang, pembukaan SEA Games ke-29 di Malaysia tercoreng dengan gambar bendera Indonesia terbalik, Pada buku yang diterima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, warna merah pada bendera Indonesia justru berada di bagian bawah.

Hal tersebut terkuak setelah Menpora, pada akun Twitter miliknya memposting foto sebuah buku yang diduga diterbitkan penyelenggara SEA Games, Sabtu (19/8),  Menpora melalui jejaring sosial menyebut insiden tersebut merupakan keteledoran dan kelalaian Panitia penyelenggara SEA GAMES Ke-29 yang menyakitkan Bangsa Indonesia.

“Pembukaan SEA Games2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita….Merah Putih. Astaghfirullaah…”,tulis aku twitter Imam Nahrawi (@imam_nahrawi) August 19, 2017.

Pemerintah Indonesia akan mengajukan protes kepada Panitia Penyelenggara SEA Games (MASOC) sehubungan dengan bentuk bendera Indonesia yang terpampang di buku panduan SEA Games XXIX, Pada Majalah yang dimasukkan dalam goodiebag souvenir pembukaan SEA Games XXiX di halaman 80 terpampang bendera dalam bentuk kotak tanda panah berwarna Putih Merah.

“Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games XXIX,” ujar Imam Nahrawi usai menyaksikan Pembukaan SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8) malam kemarin. (dikutip dari Info Seputar Presiden dan humas Kemenpora)

Cerita Pertamanya, Menpora Ketika Melihat Terbaliknya Bendera Indonesia di Souvenir Spesial SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Berikut Kronologis Peristiwa Terbaliknya Bendera Indonesia Dalam Buku Spesial Souvenir SEA Games XXIX/2017

Baca Juga  Presiden Jokowi: Indonesia – Filipina Miliki Hubungan Kemitraan Yang Sangat Kokoh

1. Saya mengikuti prosesi upacara pembukaan SEA Games 2017, dan duduk di barisan tamu dan undangan,  menerima spesial souvenir yang didalamnya terdapat buku spesial souvenir, dan beberapa _merchandise_ dari panitia pelaksana.

2. Di tengah-tengah berlangsungnya kemeriahan acara pembukaan SEA Games 2017, ada kejadian yang membuat terkejut saat menemukan Majalah Panduan yang mencantumkan Bendera Indonesia dalam keadaan terbalik yang memuat informasi negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games.

3. Saya menyesali peristiwa yang terjadi di tengah-tengah peristiwa yang sangat bersejarah di kawasan Asia Tenggara ini. Pesta olahraga bangsa-bangsa yang mengusung semangat persaudaraan dan persahabatan.

4. Saya tidak mengetahui apakah ini faktor kesengajaan atau tidak, namun saya yakin tamu-tamu dan undangan negara lain juga telah melihatnya. Saya belum mendengar informasi apakah buku ini akan dicabut atau direvisi dan sebagainya. Namun bagi saya persoalan pencantuman terbaliknya bendera ini menyangkut harkat dan martabat bangsa.

5. Bendera Merah Putih sangat mudah warnanya dibandingkan dengan bendera negara lain yang lebih rumit. Sementara negara lain yang benderanya lebih rumit tidak terbalik dalam penempatannya.

Lebih lanjut, Imam mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Menko PMK untuk langkah selanjutnya. (dds)

print

Berita Populer

To Top