Jawa Barat

Tajudin Si Penjual Cobek Menghadiri Sidang Di Mahkamah Konstitusi

on

JAWA BARAT – iGlobalNews, Seorang penjual cobek asal Padalarang, Jawa Barat, bernama Tajudin datang menyambangi gedung Mahkamah Konstitusi, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Rabu (5/7) siang ini.

Tujuannya mengikuti sidang pemeriksaan pendahuluan atas permohonan uji materi Pasal 2 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2017 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (UU 21/2017).

Permohonan uji materi tersebut ia ajukan karena kasus yang menimpanya pada April 2016 lalu. Saat itu, Polres Tangerang Selatan menangkap Tajudin atas tuduhan melakuan eksploitasi anak dengan mempekerjakan bocah di bawah umur.

Tajudin yang berasal dari Padalarang itu mengaku sudah lama hijrah ke Bintaro, Tangerang Selatan, Di daerah satelit ibu kota negara, DKI Jakarta tersebut, Tajudin berjualan cobek yaitu perabot dapur dari tahan liat guna mengulek bumbu yang dibawanya dari kampung halaman.

Meski penghasilan yang ia peroleh dari berjualan cobek tidak seberapa, namun banyak warga asal kampung halamannya yang mengikuti jejak Tajudin berjualan cobek di Tangerang Selatan.

Di antara sejumlah rekannya itu, ada dua orang anak bernama Cepi Nurjaman (13) dan Dendi Darmawan (15). Keduanya adalah keponakan Tajudin.

Membawa Cepi dan Dendi itulah yang kemudian menjadi dasar kepolisian menuduh Tajudin melakukan tindak pidana karena telah “memaksa” dua anak di bawah umur untuk menjual cobek dan memberi setoran kepada dirinya.

Ia dituntut hukuman 3 tahun penjara dan denda Rp150 juta karena dinilai telah melanggar Pasal 2 ayat 1 UU No 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Tajudin terpaksa ‘menginap’ selama 9 bulan di dalam penjara selama proses peradilan berlangsung.

Walaupun pada akhirnya hakim Pengadilan Negeri Tangerang membebaskan Tajudin dari segala tuntutan, ia tetap tidak bisa tenang. Lantaran pihak kejaksaan masih mengajukan kasasi terhadap ayah dari tiga anak tersebut.(Rara)

print

About iGlobalNews

Recommended for you