Kabar iGlobal

Tingkatkan PAD Zaki Gandeng BJB dan Indomart

on

Tangerang

Tangerang – iGlobalNews. Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar terus berinovasi dalam meningkatkan Pendapaan Asli Daerah (PAD) nya. Salah satunya dengan melakukan kerjasama antara Bank BJB dengan Indomaret untuk perluasan alternatif pembayaran PBB-P2 Kabupaten Tangerang melalui jaringan retail Indomaret. Launcing kerjasama ini diselenggarakan di halaman Kantor Kecamatan Kronjo, Selasa (9/8/2016).

Direktur Utama BJB Ahmad Irfan mengatakan, kerjasama ini merupakan wujud dari komitmen dalam memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Tangerang. Serta sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh Bank BJB dalam membantu meningkatkan penerimaan daerah Kabupaten Tangerang, khususnya yang bersumber dari penerimaan PBB.

“Dengan pelayanan ini diharapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajak kepada pemerintah dapat lebih meningkat. Sehingga pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dapat cepat dan semakin dirasakan oleh masyarakat. Dari kita, untuk kita dan kembali ke kita,” ucapnya.

Ahmad Irfan menambahkan inovasi ini merupakan terobosan Bupati Tangerang dalam rangka ingin mempercepat dan mempermudah masyarakat dalam membayar PBB-P2. Mungkin inovasi ini adalah yang pertama di Indonesia dalam melakukan pembayaran PBB-P2 melalui ritel. Semoga pemerintah daerah lainnya mampu meniru inovasi pemerintah Kabupaten Tangerang. “Kami akan terus meningkatkan dan melakukan terobosan inovasi baru dalam melakukan pelayanan dan mendekatkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan merupakan potensi yang sangat besar bagi pendapatan daerah. Saat ini saja penerimaan daerah dari sektor PBB-P2 sudah mencapai Rp102.677.687.388, dari target yang ingin dicapai yaitu sebesar Rp 265 miliar. Apabila penerimaan PBB ini sudah 100 persen masuk ke daerah, maka sudah barang tentu akan sangat berdampak pada semakin besarnya pendapatan asli daerah. Sehingga dalam pengelolaannya tentu sangat memerlukan persiapan yang betul-betul matang dan terencana dengan baik.

Baca Juga  Membludaknya Kendaraan Di Area Parkir Polsek Ciledug Menjadi Perhatian Publik

“Saya sangat bersyukur dan turut bergembira bahwa pada hari ini kita telah sama-sama menyaksikan peresmian jalinan kerjasama antara Bank Jabar Banten dengan PT. Indomarco Prismatama tentang Pembayaran PBB-P2 melalui gerai Indomaret atau ceriamart di seluruh Indonesia. Kerjasama ini selain sebagai sebuah upaya memberikan pelayanan terbaik kepada para wajib pajak, juga tentunya upaya memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam membayarkan pajaknya,” tutut Zaki.

Zaki berharap dengan adanya jalinan kerjasama ini nantinya akan sangat berdampak pada semakin meningkatnya Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan, yang pada akhirnya akan segera tercapai pemerataan pembangunan di Kabupaten Tangerang.

Pimpinan Cabang PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) Hargo Suseno mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang merupakan salah satu Pemkab yang ada di Indonesia yang bekerjasama dengan Indomaret dalam pembayaran PBB-P2 melalui gerai Indomaret di seluruh Indonesia. Cara melakukan pembayaran di Indomaret cukup mudah hanya tinggal sebutkan No.PBB, No. HP dan Tahun berapa yang akan dibayar. Dengan ini akan menumbuhkan kesadaran wajib bayar pajak dan tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak karena sudah terpenuhi dari segi pelayanan serta dapat dilakukan di Bank BJB dan Indomaret.

“Kita akan sosialisasi ke semua gerai-gerai yang ada di Tangerang sebanyak 5.000 dan akan di sosialisasikan juga kepada masyarakat akan kemudahan ini. Jadi Selama itu ada Indomaret, masyarakat bisa melakukan transaksi pembayaran PBB-P2 dan akan diberikan minuman secara cuma-cuma sampai tanggal 31 Agustus 2016 ini,” ucapnya.

Sementara itu Pemkab Tangerang telah bekerjasama dengan Alfamart sejak Tahun 2015 hingga saat ini. Kali ini kerjasama dengan Indomaret agar memperluas jaringan dan mempermudah masyarakat untuk menunaikan kewajibannya membayar pajak.(Herman)

print

About iGlobalNews

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.