Leaderboard
Berita Utama

Oknum LSM Diduga Curi SPJ Buat Peras Kades

SAROLANGUN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Sejumlah kepala desa di Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun, Jambi sangat gerah dan menjadi bingung saat ini.

Pasalnya, mereka saat ini sering ditelepon dan ditanya perihal pencairan alokasi anggaran dana desa oleh salah seorang oknum LSM.

Selain itu, oknum berinisial IS yang mengaku dari salah satu LSM, datang ke desa dan menanyakan terkait alokasi anggaran dana desa yang tertuang dalam dokumen SPJ yang telah mereka pegang.

Menurutnya, kedatangan IS dan kawannya ke desa bukan dengan tugas sebagai sosial kontrol, melainkan menakut-nakuti kepala desa ketika tidak mau menuruti permintaan mereka.

Menurut salah satu sumber yang enggan jati dirinya ditulis ini sangat prihatin dengan hal tersebut.

“Iya, IS dan temannya datang ke rumah Kades, mereka di sana yang kita dengar nakut-nakutin Kades soal alokasi dana dalam SPJ. Kalau tidak mau mengikuti permintaan mereka diancam akan dilaporkan,” Katanya.

Terkait hal ini, saat dikonfirmasi kepada salah satu kepala desa yang ditakut-takuti oleh oknum LSM tersebut, sang Kades membenarkan akan hal itu.

“Benar, kita didatangi oleh oknum LSM. Namun aneh, mereka membawa soft copy dokumen SPJ desa kita. Sementara, setahu saya SPJ itu hanya kita berikan pada kantor tertentu di Sarolangun,” Kata Kades tersebut.

“Namun, sangat aneh kok ada di oknum LSM. Artinya ada yang tidak beres terkait hal ini. Kok bisa SPJ kami ada di tangan LSM, kita menduga SPJ ini dicuri dari kantor dinas instansi terkait,” Ujarnya.

“Kalau tidak, kenapa dokumen SPJ ada pada mereka? Sementara dokumen ini semestinya tidak bisa jatuh pada orang orang yang tidak memiliki kewenangan, apalagi pada oknum LSM,” Katanya.

Baca Juga  MTQ XXVII Sulteng, Kabupaten Parimo Sabet Juara Umum

“Saat ini, kita berharap agar dengan adanya dugaan soal pencurian SPJ desa kita oleh oknum LSM dapat ditindak secara hukum, sehingga kita tidak ditakut-takuti lagi karena kita yakin bocornya SPJ tersebut diduga keluar dari dua kantor. Hal ini kita yakin SPJ itu kita sampaikan hanya pada dua kantor di Pemda Sarolangun,” Ujarnya.

“Soal ini pihak kita merasa apa yang seharusnya menjadi rahasia negara kok bisa dicuri atau diberi ke orang lain? Ini kan ada yang tidak beres,” Katanya.

“Kita saat ini selalu ditekan dan diteror soal ini. Kalau hal ini tidak ditindaklanjuti, kita takut ada korban bagi desa lain yang mengalami nasib yang sama SPJ dicuri,” Ujarnya menutupi perbicangan seraya meminta nama dan desanya jangan ditulis.

Ketika dikonfirmasi Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Mulyadi seputar hal tersebut, ia mengatakan, “Kita sudah tahu itu, sejauh ini soal SPJ di kantor kita aman dan tidak ada yang bocor ataupun dicuri.”

“Kita akan pantau hal ini, karena ada SPJ berada di tangan oknum LSM,” Ujarnya.

“Kita menyayangkan, apa lagi hanya untuk menakut-nakuti para kades,” Imbuhnya.

Di sisi lain, salah satu warga setempat berharap agar soal bocornya SPJ yang diduga dicuri oknum LSM untuk segera ditindak.

“Kita minta, kalau ada pidana, laporkan ke polisi agar ada efek jera, soalnya ini kan dokumen penting sifat rahasia negara kok bisa sampai ke mana-mana. Kita kasihan pada kades, apalagi SPJ itu digunakan buat nakut-nakuti kita dengar langsung,” Katanya.

“Mengutip pembicaraan oknum LSM di tempat kades kami, setelah ditakut-takuti, mereka meminta sejumlah uang, artinya dengan SPJ mereka akan memeras Kades,” Ujarnya pada awak media.

Baca Juga  Grass Track Desa Guruh Baru Berlangsung Sukses

Terkait hal ini, oknum Ketua LSM, IS yang dituding melakukan pencurian SPJ desa di Kecamatan Mandiangin ketika dikonfirmasi via telepon pada Sabtu (6/4/2019) menjawab, “Kita sudah saling kenal. Kenapa lewat HP? Kita ketemu saja, kamu jurnalis saya juga bagian itu, tidak bagus,” Ujarnya.

Entah mengapa IS yang diminta tanggapan soal tudingan diduga Pencurian SPJ di sejumlah desa tidak mau menjawab secara riil. Namun, lebih memilih mengajak bertemu dan mengatakan bahwa dirinya juga bagian dari jurnalis.

Sementara, apa yang dijawab tidak dijelaskan secara terperinci soal ada SPJ yang ada pada dirinya saat ini, namun dia lebih memilih mematikan HPnya.

Penulis: Andra.
Editor: Dny.

print

Iklan Kasat Lantas Polres Metro Kota Tangerang Iklan HUT Kota Tangerang ke-26 SMAN 8

Berita Populer

To Top