Leaderboard
Nias

Menjelang Kegiatan Sail Nias 2019, Panitia Nasional Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pemkab Nisel

NISEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Deputi Bidang Koordinasi SDM IPTEK dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Safri Burhanudin, mewakili Panitia Nasional memaparkan rangkaian kegiatan Sail Nias Tahun 2019, di Aula Kantor Bupati, Jalan Arah Sorake Km. 5 Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (10/04/2019).

Rangkaian Kegiatan Sail Nias yang dipaparkan Safri Burhanudin meliputi: Internasional Seminar on Nias Heritage dan Festival Kopi dan Kuliner (5-6 September 2019) penanggungjawab: Pemerintah Kota Gunungsitoli, Free Diving Competition (9–10 September 2019), Beach Volley Ball International Tourment Sail Nias (9–13 September 2019) dan Fishing International Sail Nias 2019 (11–15 September 2019) penanggungjawab Pemerintah Kabupaten Nias, Wonderfull Underwater Photo Contest Sail Nias 2019 (5–11 September 2019), penanggungjawab Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Marathon 10K dan Festival Layang-layang dan Final Aekhula Voice (8 September 2019) penanggungjawab Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Berikutnya, Surya Bhaskara Jaya, Pelayaran Lingkar Nusantara dan Diplomatic Tour (13–15 September 2019) penanggungjawab TNI-AL dan Kementerian Luar Negeri, Kejuaraan Surfing International WSL Nias Pro 2019 (11–15 September 2019), Sail Nias Wonderful Expo & Wonderful Photo Contest 2019 (11–14 September 2019), Yacth Raily (April – Juli 2019), dan Festival Budaya Kepulauan Batu (15 September 2019) penanggungjawab Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Selanjutnya, Nias 1000 Tenda (11 – 15 September 2019) penanggungjawab Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan Acara Puncak Sail 2019 adalah Festival Lompat Batu se-Kepulauan Nias 2019, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Demo Udara dan Terjun Payung (14 September 2019) penanggungjawab Panitia Nasional dan Daerah.

Dalam paparanya menyebutkan salah satu dasar pelaksanaan Sail Nias Tahun 2019 yaitu Surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2019 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Sail Nias 2019. Safri Burhanudin mengatakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya merupakan langkah-langkah percepatan penyelenggaraan kegiatan Sail Nias Tahun 2019.

Baca Juga  Korban meninggal Dunia, Pelaku penganiayaan Masih Bebas Berkeliaran

“Penetapan Nias sebagai tempat penyelenggaraan Sail Indonesia Tahun 2019 ke-11 (sebelas) didasari karena Nias (Nias Selatan) sebagai salah satu destinasi utama dunia untuk olahraga Surfing. Penetapan ini telah ditindaklanjuti dengan Launching Sail Nias 2019 yang dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Sultan Jakarta tanggal 14 Maret 2019 dengan dukungan sepenuhnya oleh Kementerian Hukum dan HAM. Dan pada saat itu hadir Menko Bidang PMK RI, Puan Maharani, selaku Wakil Ketua Pengarah Panitia Nasional, Menteri Pariwisata dan para Duta Besar dan perwakilan negara sahabat,” ujar Safri Burhanudin, Deputi Bidang Koordinasi SDM IPTEK dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Oleh karena itu, Safri Burhanudin, mengharapkan perhatian semua pihak dalam pembenahan Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Nias Selatan, sebagai lokasi penyelenggaraan Sail Nias Tahun 2019. “Pembenahan lokasi penyelenggaraan Sail ini mencakup penyiapan, kebersihan, dan penataan bangunan/warung yang berada di lokasi, termasuk penataan akses jalan masuk dan jalan keluar lokasi serta menjaga keamanan dan keselamatan wisatawan. Penyiapan lokasi harus mantap. Hal ini erat hubungannya dengan kehadiran tamu dan kehadiran Kepala Negara,” katanya.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, menyambut baik rangkaian kegiatan Sail Nias Tahun 2019 itu. untuk menyukseskan penyelenggaraan Sail tersebut, ia mengharapkan dukungan semua pihak dan mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Nias Selatan untuk menjadi tuan rumah yang baik dengan menjaga suasana yang aman dan kondusif.

Ketua DPRD Nias Selatan, Sidi Adil Harita, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang memberi kepercayaan kepada Kepulauan Nias dan khususnya di Kabupaten Nias Selatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Sail Nias Tahun 2019.

Sementara sambutan tokoh masyarakat diantaranya Mowa’a Wau dan Sosial Zagoto menyambut baik pelaksanaan Sail Nias Tahun 2019 di Kabupaten Nias Selatan. Mereka berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan event nasional tersebut.

Baca Juga  Nisel Terpilih Tuan Rumah Penyelenggara Lomba Surf Open Champion Bertaraf Internasional

Hasil kesepatan dan tindak lanjut untuk kesiapan penyelenggaraan Sail Nias Tahun 2019  itu diantaranya, Lokasi acara puncak Sail Nias 2019 akan dilaksanakan di Pelabuhan Baru Telukdalam, Kementerian PUPR akan mendukung penyiapan lokasi acara puncak, Kebersihan beberapa lokasi rangkaian acara perlu mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah dengan mendasarkan pada konsep “Zero Waste Event”, Kebutuhan penataan beberapa lokasi rangkaian acara Sail Nias 2019 dan lainnya akan dilakukan survey lebih lanjut dan akan dipetakan bentuk dukungan Kementerian/Lembaga terkait.

Penulis : Riswan Gowasa.
Editor : AJ.

print

Iklan Kasat Lantas Polres Metro Kota Tangerang Iklan HUT Kota Tangerang ke-26 SMAN 8
To Top