Leaderboard Iklan Ucapan Puasa Pemkab Muba
Hukum

Penasehat Hukum Tersangka DJ dan MY Praperadilkan Polda Banten

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dua tersangka, DJ dan MY mem-Praperadilankan Polda Banten ke Pengadilan Negeri Tangerang.

Hal ini terkait dengan penetapan tersangka DJ dan MY melalui kuasa hukumnya, Dicky Merdyan dan Rina dari kantor hukum Law Office Syuqron & Partners.

Dalam persidangan kedua, Kamis, (28/3/2019), termohon tidak hadir di pengadilan.

Kuasa hukum pemohon Praperadilan, Dicky Mirdiyan, mendaftarkan gugatan permohonan praperadilan tanggal 12 Maret 2019 ke Pengadilan Negeri Tangerang, dengan register perkara No 04 /Pid. Pra/2019/PN TNG, dengan agenda persidangan (25/3/2019) pembacaan gugatan.

Sidang pertama, tanggal 25 Maret 2019 termohon tidak hadir di pengadilan dan praperadilan diundur.

Kemudian, pada sidang kedua, Kamis (28/3/2019), termohon dari Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrium) Polda Banten, mangkir di persidangan tanpa alasan menurut kuasa pemohon.

Menurut kuasa hukum pemohon, DJ dan MY diduga melakukan tindak pidana pemalsuan surat (Pasal 263) yang diduga palsu oleh pelapor.

Secara hukum, tindak pidana tersebut sudah kadaluwarsa, karena sudah lebih 20 tahun, sejak tahun 1981.

Rina, kuasa pemohon mengatakan bahwa kliennya tidak pernah diperiksa.

“Sebelum menjadi saksi atau calon tersangka, penyidik langsung menetapkan klien kami tersangka dalam perkara dugaan pemalsuan surat sesuai pasal 263, KUHP,” Kata Rina.

“Sesuai Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No. 1 Tahun 1956 yang intinya, kalau ada perkara yang sedang berjalan (laporan polisi) bisa dikesampingkan, karena perkara perdata masih berjalan sampai menunggu berkekuatan hukum tetap,” Tambahnya.

Kabid Humas Polda Banten, AKBP Edy Sumardy yang dihubungi lewat telepon membenarkan ketidakhadiran Ditreskrim Polda Banten yang di Praperadilkan tersangka DJ dan MY, setelah konfirmasi dengan Bidang Hukum (Bidkum) Polda Banten.

Lebih lanjut, Edy mengatakan bahwa ketidakhadiran Polda Banten dalam sidang Praperadilan, karena hanya ada panggilan sidang, tanpa disertai materi gugatan permohonan praperadilan ke Polda Banten.

Baca Juga  Yusril Ihza Mahendra Resmi Dampingi Hukum Kepala Desa di Indonesia

Untuk sidang lanjutan, bidang Hukum telah konfirmasi ke Pengadilan Negeri Tangerang, dan sudah meminta materi gugatan permohonan praperadilan, Polda Banten siap menghadapi persidangan.

Penulis: JP. Dasuha.
Editor: Dny.

print

Iklan Ucapan Puasa Pemkab Muba Iklan Ucapan Puasa PT IMIP Iklan Ucapan Puasa Penasehat Hukum iglobalnews Iklan Ucapan Puasa Dinas Bina Marga Iklan Ucapan Puasa SMKN 1 Pemulutan Sumsel Iklan Ucapan Ramadhan Pemdes Karang Endah Selatan Iklan Ucapan Puasa Dinas Tata Ruang Iklan Ucapan Puasa Yayasan YPR Iklan Ucapan Puasa Desa Muara Pemuat Sarolangun

Berita Populer

To Top