Leaderboard
Nias

Kades Loloana’a Lolomoyo Dinilai Langgar Peraturan Wali Kota Gunungsitoli

GUNUNGSITOLI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Kepala Desa Loloana’a Lolomoyo Kecamatan Gunungsitoli Utara dinilai melanggar Peraturan Wali Kota (Perwal) dan Perda Kota Gunungsitoli karena merangkap jabatan sebagai Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kecamatan Gunungsitoli Utara.

Di dalam Peraturan Wali Kota Gunungsitoli, No. 37 Tahun 2017 Tentang Perangkat Desa dan Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2018 Tentang Pemilihan Kepala Desa, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, “Perangkat Desa tidak boleh merangkap jabatan atau profesi lain yang penghasilannya berasal dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.”

Ketika hal ini dikonfimasi kepada Camat Gunungsitoli Utara, Momimotani Zega via seluler, Jumat (8/2/2019) mengatakan, “Kita sesuaikan dengan Peraturan Wali Kota, tidak bisa menerima dua dana dalam satu sumber yang sama”.

Lanjut Camat, “Saya sudah memanggil Hepis Krisman Niatman Jaya Zega (Kepala Desa Loloana’a Lolomoyo) terkait hal tersebut dan dia legowo untuk mundur dari jabatan PPK.”

“Demikian juga Oniati Zega anggota PPK Gunungsitoli Utara yang merangkap sebagai Bendahara Desa bukan Aparat Desa tetapi Staf Keuangan di Desa Tetehosi Afia,” Ungkap Camat Gunungsitoli Utara.

Ketua PPK Gunungsitoli Utara yang merangkap sebagai kepala desa mengatakan, “Terkait dengan Perwal dan Perda, kita telah minta petunjuk, baik kepada KPU Kota Gunungsitoli dan Dinas PMD/K.”

“Dinas PMD/K mengatakan, tidak menjadi masalah dan tidak ada larangan sama sekali dari KPU Kota Gunungsitoli. Karena PPK itu Badan ad hoc. Namun, saya juga tidak bertahan dengan jabatan sebagai Ketua PPK,” Tutur Hepis Zega saat dikonfirmasi awak media via seluler.

Hingga berita ini dinaikkan belum bisa dikonfirmasi kepada pihak Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Penulis: Tim.
Editor: Dny.

print

Iklan HUT Kota Tangerang ke-26 SMAN 8 Iklan HUT Kabupaten Tanggamus ke-22 K3s Iklan HUT Kota Tangerang ke-26 PDAM Iklan Caleg Hanura Iklan Caleg DPRDTangerang Iklan Loker Dede

Berita Populer

To Top