Leaderboard Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba
Banyuwangi

Destinasi Wisata Doesoen Kakao Terus Berbenah dan Berinovasi

Foto: KTU PTPN XII, Budianto saat ditemui di ruangannya.

Foto: KTU PTPN XII, Budianto saat ditemui di ruangannya.

BANYUWANGI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Menjadi salah satu destinasi wisata yang dikunjungi pada program paket wisata Glen-Baru (Glenmore – Kalibaru), destinasi wisata Doesoen Kakao PTPN XII Kebun Kendenglembu terus berbenah dan terus berinovasi. Demikian awal penjelasan KTU PTPN XII Kendenglembu, Budianto ketika dijumpai di ruangannya, Jumat (29/03/2019).

Menurutnya, destinasi wisata Doesoen Kakao ke depannya akan menambah fasilitas, seperti membuat homestay dan saat ini yang sudah dimulai ini membuat ampitete (panggung terbuka untuk acara atraksi-atraksi).

Selanjutnya Budianto memaparkan, bahwa untuk homestay-nya ini rencananya juga ada yang untuk class education dan nantinya bekerja sama dengan Disdik Banyuwangi.

Saat ini di destinasi wisata Doesoen Kakao ini sudah berlangsung untuk wisata edukasi yang dalam setiap satu minggunya sudah ada siswa-siswa yang berkunjung dan kebanyakan dari sekolah TK dan SD.

Lanjut Budianto, di destinasi wisata Doesoen Kakao untuk wisata edukasinya sementara ini pengenalan pada bibit coklat, pemeliharaan tanaman coklat dan pengenalan pengolahan biji coklat basah yang dari kebun ke biji coklat kering ketika diolah di pabrik.

Masih jelas Budianto, di destinasi wisata Dosoen Kakao juga akan dibuat bungalo untuk transitnya tamu-tamu, yang mana bentuk bangunannya tidak meninggalkan ciri khas Banyuwangi yang identik dengan rumah using.

Budianto juga menjelaskan, “Sesuai dengan visinya Bapak Bupati Banyuwangi, kita punya bahan coklat sendiri, kenapa masih mengkonsumsi produk coklat dari luar negeri yang notabenenya bahan coklat itu dari Banyuwangi sini?”

“Untuk itu sekarang kita sudah mulai merintis membuat produk coklat sendiri, dari bahan kita sendiri yang pada kenyataannya rasanya sama tidak kalah dengan produk coklat yang dari luar negeri,” Ujar Budianto.

Baca Juga  Disnakertrans Banyuwangi Panggil Pimpinan PT. Randu Mas dan Masduki Melalui Kuasa LP2HI

Selanjutnya, jelas Budianto, “Dari hasil pengolahan coklatnya, destinasi wisata Doesoen Kakao ini sudah memproduksi coklat dalam aneka bentuk. Ada yang berbentuk minuman, ada yang bentuk serbuk coklat, ada yang batangan, terus sudah ada yang berbentuk permen coklat.”

“Ke depannya, Doesoen kakao akan menghadirkan ciri khas rasa coklat tersendiri,” Pungkas Budianto.

Penulis: Mtf.
Editor: Dny.

print
Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba

Berita Populer

To Top