Leaderboard
Berita Utama

Dalam Waktu Dekat, Inspektorat Janji akan Audit Anggaran Dana Humas

SAROLANGUN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Setelah diberitakan media ini tentang adanya dugaan konspirasi dan tak transparannya penggunaan alokasi dana oleh Humas Pemda Sarolangun membuat banyak pihak mulai angkat bicara.

Salah satunya adalah lembaga auditor, yaitu inspektorat yang memiliki kewenangan. Kepala Inspektorat mengaku dan berjanji akan melakukan audit terhadap penggunaan dana oleh Kabag Humas Pemda Sarolangun.

Kepala inspektorat, Musliadi melalui Irban 1, Hurmaen menjelaskan, “Dalam waktu dekat kita akan laksanakan pengauditan. Namun, kita akan sampaikan nota dinas ke pimpinan dulu untuk mendapat nota dan surat tugas untuk melakukan audit.”

Lebih rinci dijelaskannya, “Seperti sebelumnya, dana di bagian Humas Pemda ini kita lakukan audit tersendiri dan karena anggaran yang mereka gunakan terpisah dari beberapa bagian yang ada di sekretariat di Kantor Bupati anggaran untuk bagian humas tersendiri.”

“Nanti setelah dilakukan audit, akan kelihatan ke mana saja dana-dana tersebut digunakan apakah sudah sesuai dan tepat menurut aturan. Apabila nanti hasil pemeriksaan ada ditemukan kejanggalan dan penyimpangan akan kita tindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.” Ujar Hurmaen.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah seorang jurnalis yang masuk dalam anggota studi banding ke Pemkot Kota Padang beberapa waktu lalu.

“Kita sangat mendukung adanya berita tentang penggunaan dana di Humas. Karena selama ini tranparansi dan regulasi di Humas Pemda tidak jelas. Jadi, ada dugaan permainan dan konspirasi oleh cecunguk-cecunguk di sana,” Katanya.

“Selama ini banyak keluhan yang muncul, namun tidak ada yang berani untuk mengangkatnya. Untuk apa studi banding dilakukan, kalau hasilnya tidak diimplementasi,” Ujarnya.

“Kenapa Pemkot Padang yang menjadi tempat studi banding? Karena di sana ada kota terbaik se-Indonesia soal humas,” Tambahnya.

Baca Juga  Persiapan Himanira (Himpunan Masyarakat Nias Utara) Gelar Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di FK UKI Jakarta

“Maka, Pemda Sarolangun pilih Pemkot Padang untuk belajar, agar pengetahuan yang didapat di sana bisa dijalankan di Bagian Humas Pemda Sarolangun agar lebih baik. Namun, semua itu hanyalah isapan jempol,” Urainya.

Dikatakannya, “Saat studi banding kita masuk dalam tim utusan dari jurnalis. Saya dan Edi dari salah satu media elektronik. Hal ini perlu diluruskan dan diambil langkah yang tepat. Jangan sampai nanti dikit-dikit, bupati. Bupati kan tidak tahu menahu soal ini.”

Ini ada murni tanggung jawab Kabag Humas Pemda Sarolangun, Sahrudin. “Segala persoalan di Humas harus dia yang bertanggung jawab untuk meluruskan dan penyelesaiannya.”

“Kita berharap humas mengumpulkan semua wartawan, lakukan konferensi pers agar hal ini bisa dibuka dan dijelaskan ke mana dan dialokasikan untuk apa dana-dana humas selama ini. Ini langkah yang tepat,” Ujar pria yang hobi memakai topi Moris ini.

Terkait hal ini, saat dikonfirmasi ke Kabag Humas melalui Kasubag Pers, Zaenal Abidin mengaku tidak mau berkomentar banyak.

“Saya takut nanti salah berkomentar dan memberi tanggapan akan menjadi lain. Namun, dalam hal ini akan saya sampaikan kepada Pak Kabag selaku atasan saya. Menurut saya apa yang disampaikan oleh banyak pihak agar Humas Pemda Sarolangun melakukan konferensi pers untuk menyikapi hal di Humas,” Kata Zaenal Abidin.

“Saya pikir cukup bagus dan kita sepakat. Namun, saya tidak punya kewenangan untuk melaksanakan dan akan saya sampaikan ke atasan. Intinya, kita sepakat untuk melakukan jumpa pers terkait soal kisruh dana Humas Pemda Sarolangun,” Ujarnya.

Ketika disinggung soal transparasi dan regulasi anggaran di Humas, dia tidak berkomentar banyak dan mengaku tidak berani menanggapi hal tersebut ketika dikonfirmasi via telepon, Jumat (29/3/2019).

Baca Juga  Adelina S. Situmorang Siap Bela Perempuan Jakarta

*** Baca juga : Anggaran Dana Humas Pemda Sarolangun Dipertanyakan.

Penulis: Andra.
Editor: Dny.

print

Iklan Kasat Lantas Polres Metro Kota Tangerang Iklan HUT Kota Tangerang ke-26 SMAN 8

Berita Populer

To Top