Leaderboard Iklan Ucapan Puasa Pemkab Muba
Hukum

Bawa sabu 23.8 Gram Mantan Wadirnarkoba Polda Kalbar Dituntut 15 Tahun Penjara

Photo Mantan Wadirnarkoba Polda Kalbar dituntut 15 Tahun, Rabu (06 /03/2019) di PN Tangerang.

Photo Mantan Wadirnarkoba Polda Kalbar dituntut 15 Tahun, Rabu (06 /03/2019) di PN Tangerang.

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – JPU Afni Carolina dan Iqbal, dari Kejaksaan Negeri Tangerang bacakan tuntutan, terdakwa Hartono, yang tersandung narkoba 15 Tahun penjara dan denda 1 miliar rupiah dalam persidangan yang terbuka untuk umum, Rabu (06/03/2019) di Pengadilan Negeri Tangerang.

Mantan Wakil Direktur Narkoba Polda Kalbar AKBP Hartono, Akpol angkatan Tahun 1997 ditangkap Avsec (avication sekurity) di Terminal Keberangkatan dalam negeri Bandara Soekarno Hatta Sabtu (28/7/2018) membawa narkoba jenis sabu seberat 23.8 gram.

Perbuatan terdakwa Hartono menurut Jaksa penuntut umum, Afni Carolina yang sempat bertugas sebagai Jaksa, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan sekarang kembali bertugas di Kejaksaan Negeri Tangerang, dalam tuntutanya terbukti secara syah dan meyakinkan sesuai pasal 112 ayat (2) undang undang No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Afni, mengatakan kepada rekan rekan wartawan yang sehari hari bertugas di Pengadilan Negeri Tangerang. hanya membacakan tunturan, dan Rencana Tuntutan (Rentutnya) dari Kejaksaan Agung.

Sebelum jaksa membacakan tuntutanya terlebih dahulu membacakan keterangan saksi saksi dan fakta yang terungkap dalam persidangan, dan hal hal yang meringankan dan memberatkan perbuatan terdakwa.

Yang memberakan terdakwa, Hartono sebagai Polisi dan penegak hukum dan jabatan setingkat Wakil Direktur Narkoba pasti nengetahui tugas dan penyidikan penegakan hukum dalam pemberantasan narkoba.

Photo Kombes Trisno Halomoan Siregar Wadirnarkoba Mabes Polri sebagai saksi ahli.

Photo Kombes Trisno Halomoan Siregar Wadirnarkoba Mabes Polri sebagai saksi ahli.

Kombes Trisno Halomoan Siregar, Wadirnarkoba Mabes Polri yang sudah malang melintang dalam Pemberantasan narkoba sampai keluar negeri, mengatakan saat memberikan pendapat dihadapan ketua majelis hakim Serly Waty.

Untuk tugas khusus di Level setingkat Wadir, sudah ada Peraturan Kapolri Tahun 2006 dalam penyidikan dan pengungkapan kasus yang sangat serius harus ada surat tugas, secara khusus untuk penyisihan barang bukti tangkapan narkoba harus ada Berita Acara yang ditanda tangani saksi.

Baca Juga  Pelaku Pengeroyokan Aktifis, Menjadi DPO Polsek Balaraja

Membawa barang bukti hasil tangkapan narkoba melalui Bandara di seluruh dunia harus ada Koordinasi khusus dengan petugas, sesuai Pasal 95 UU No 35 Tahun 2009, karena Bea Cukai, disetiap Bandara dan Pelabuhan bisa menangkap, kata Halomoan Siregar.

Hal yang meringankan terdakwa menurut jaksa tidak ada, sedangkan yang memberatkan, Hartono yang menjabat Wadirnarkoba Polda Kalbar patut diduga mengetahui Standard Operasional (SOP) dalam Control Delivery dan pemisahan barang bukti harus dibuat Berita Acara (BA) yang ditanda tangani saksi dan Tim.

Ketua majelis hakim, Serly Waty selesai mendengarkan tuntutan jaksa, menunda persidangan selama 1 minggu untuk memberikan kesempatan kepada terdakwa membuat pembelaan, atau diserahkan kepada penasehat hukumnya.

Penulis : JP. Dasuha.
Editor : AJ.

print

Iklan Ucapan Puasa Pemkab Muba Iklan Ucapan Puasa PT IMIP Iklan Ucapan Puasa Penasehat Hukum iglobalnews Iklan Ucapan Puasa Dinas Bina Marga Iklan Ucapan Puasa SMKN 1 Pemulutan Sumsel Iklan Ucapan Ramadhan Pemdes Karang Endah Selatan Iklan Ucapan Puasa Dinas Tata Ruang Iklan Ucapan Puasa Yayasan YPR Iklan Ucapan Puasa Desa Muara Pemuat Sarolangun

Berita Populer

To Top