Leaderboard Iklan Ucapan Puasa Pemkab Muba
Jambi

Aset Desa Pengidaran Dipertanyakan

Foto: Ketua BPD, Abdul Manan.

Foto: Ketua BPD, Abdul Manan.

SAROLANGUN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Mantan Kepala Desa Pengidaran, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun Jambi, Manap diduga belum mengembalikan aset desa yang dikuasainya semasa dia masih menjabat sebagai kepala desa. Sementara saat ini masa jabatan yang bersangkutan telah habis.

Seperti halnya serah terima jabatan antara dirinya dan kepala desa yang baru, semua aset-aset yang dikuasainya harus dikembalikan kepada desa, dan diterima oleh pejabat kepala desa yang baru.

Namun, hal ini tidak dilakukan sama sekali oleh Manap, mantan kepala Desa Pengidaran.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua BPD, Abdul Manan pada Minggu (3/3/2019), dijelaskannya, “Ada beberapa aset desa yang belum dikembalikan oleh mantan (Manap), antara lain satu unit Motor Honda Win, satu bidang tanah bengkok (tanah TKD) dan dokumennya, serta surat-surat penting yang berkaitan dengan aset-aset desa lainnya.”

Lebih jauh dijelaskan oleh Abdul Manan, “Kita sudah berkali-kali memberitahu kepada mantan kepala desa agar mengembalikan semua aset yang dia kuasai. Namun, sejauh ini yang bersangkutan belum juga mengembalikan aset-aset tersebut.”

“Seharusnya apa yang menjadi hak desa harus dikembalikan ke desa, apalagi yang bersangkutan tidak lagi menjabat sebagai pemimpin di Desa Pengidaran ini,” Katanya.

“Dalam waktu dekat ini kita dan anggota BPD lainnya akan mengadakan musyawarah terkait persoalan aset yang masih dikuasai oleh mantan kepala desa,” Tambahnya.

“Akan kita surati dan kita kasih tahu yang bersangkutan agar mengembalikan aset-aset yang ada, apalagi saat ini masyarakat Pengidaran selalu mempertanyakan soal aset desa yang tak kunjung diserahkan oleh Manap selaku mantan kepala desa,” Katanya.

Lebih rinci, aset yang paling penting ada sebanyak 6,2 ha tanah bengkok atau Tanah TKD yang terletak di perbatasan antara Desa Ladang Panjang dan Desa Pengidaran, tepatnya di pinggir jalan lintas Sarolangun Jambi yang saat ini dikelola oleh mantan menjadi kebun sawit pribadinya. Sementara tanah tersebut adalah milik desa.

Baca Juga  Dalam Waktu Dekat, Inspektorat Janji akan Audit Anggaran Dana Humas

Selain mantan Kades, tanah tersebut juga telah dijual oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab kepada
warga lain. Sementara tanah bengkok tersebut mempunyai legalitas hukum yang kuat, yakni telah bersertifikat.

“Kita akan urus dan tarik kembali tanah bengkok tersebut sesuai dengan petunjuk surat yang dimiliki oleh desa. Namun, sampai saat ini semua dokumen surat tanah tersebut masih di tangan mantan kepala desa, Manap,” Ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh A, salah satu warga Desa Pengidaran.

Dia membenarkan apa yang dikatakan oleh Ketua BPD, Abdul Manan.

“Benar, apa yang dikatakan Pak Abdul Manan, memang aset desa di sini tidak ada kejelasan. Tak satupun aset desa yang diserahkan Pak Manap ke kepala desa terpilih, yaitu Pak Bambang,” Katanya.

Terkait hal ini, saat mantan Kepala Desa Pengidaran, Manap dikonfirmasi pada Minggu (10/3/2019) di kediamannya, namun ia belum bisa dijumpai.

Kemudian, ketika dicoba untuk meminta nomor teleponnya ke salah satu orang yang berkompeten di desa tersebut, ternyata tidak didapat.

Pantauan media ini di lokasi tanah bengkok yang disampaikan oleh Ketua BPD Desa Pengidaran saat ini telah menjadi kebun sawit yang produktif.

Rata-rata sawit tersebut telah berumur belasan tahun, dicoba untuk mengetahui siapa pemilik dari sawit sawit di tanah TKD tersebut, namun tak seorang pun yang bisa dijumpai.

Sampai berita ini dinaikkan, baik Manap maupun pemilik kebun lainnya tidak bisa di jumpai.

Kondisi kebun kebun tersebut pada saat ini masih di lgenangi air.

Penulis: Andra.

Editor: Dny.

print

Iklan Ucapan Puasa Pemkab Muba Iklan Ucapan Puasa PT IMIP Iklan Ucapan Puasa Penasehat Hukum iglobalnews Iklan Ucapan Puasa Dinas Bina Marga Iklan Ucapan Puasa SMKN 1 Pemulutan Sumsel Iklan Ucapan Ramadhan Pemdes Karang Endah Selatan Iklan Ucapan Puasa Dinas Tata Ruang Iklan Ucapan Puasa Yayasan YPR Iklan Ucapan Puasa Desa Muara Pemuat Sarolangun

Berita Populer

To Top