Leaderboard
Berita Utama

Polres Lampura Pastikan Makam Leluhur Masyarakat Adat Abung Siwo Migo Tidak Rusak Ataupun Dirusak

LAMPUNG UTARA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Merebaknya kabar di media sosial (medsos) Facebook tentang rusaknya Cagar Budaya Makam Minak Triodiso yang terletak di Desa Sekipi, Kecamatan Abung Tinggi, Kabupaten Lampung Utara yang diunggah akun FB atas nama Allifando ternyata tidak benar.

Makam leluhur masyarakat adat Abung Siwo Migo yang merupakan salah satu aset cagar budaya di Kabupaten Ragem Tunas Lampung itu tidaklah rusak ataupun dirusak, melainkan sedang dalam perbaikan.

Aparat Polres Lampura yang dipimpin Kasat Intelkam setempat beserta anggota, Kamis pagi tadi, (13/9/2018), langsung melakukan penyelidikan terkait isu tak sedap tersebut.

Kapolres Lampura, AKBP Eka Mulyana, menyebut kabar yang beredar terkait rusaknya cagar budaya makam Minak Triodiso tidaklah benar.

“Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan anggota kami, makam tersebut tidaklah rusak atau dirusak melainkan sedang dalam perbaikan,” ujar AKBP Eka Mulyana, Kamis, (13/9/2018).

Dia menambahkan, salah seorang warga setempat berinisiatif untuk memugar makam tersebut. Namun, kegiatan perbaikan sempat terhenti karena menunggu biaya sisa tambahan dari warga yang belum dikirim.

Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan penyelidikan secara mendalam, siapa dan di mana orang yang akan memugar makam tersebut.

Nita, salah seorang juru pemelihara makam tersebut membenarkan jika makam Minak Triodiso direhab bukan rusak.

“Makam ini sedang direhab. Ada orang yang berziarah ke sini dan meminta saya untuk membantu merehab makam tersebut. Pembongkaran atap sudah dua minggu yang lalu kita lakukan. Kini terhenti karena menunggu transferan biaya. Mudah-mudahan satu dua minggu rehab selesai,” kata Nita.

Berdasarkan pemantauan, lokasi cagar budaya makam Minak Triodiso di garis polisi. Sejumlah atap genting terlihat tersusun di pinggiran makam.

Penulis: Defri/rls.
Editor: Dny.

print

Iklan Caleg Banten Dapil Lebak Iklan Banunanda Nias

Berita Populer

To Top