Leaderboard
Ekonomi

Batik Motif Bungo Royo dan Ikan Semah Bukit Murau, Siap Isi Pasaran

Batik Motif Bungo

SAROLANGUN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Desa Bukit Murau Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun Jambi. Adalah salah satu Desa masyarakat berpenghasil utama dari perkebunan Karet. Selain itu masyarakat setempat memiliki usaha sampingan, penghasil batik.

Ainun satu dari anggota kelompok PKK, sebagai pengelola batik tulis dan Cap Sanggar Lisa Batik (LB) di Jalan 1 RT.24 Desa Bukit Murau.

Hasil batik yang di kelola kelompok tersebut, sudah bisa bersaing secara Nasional. Di buktikan, selalu di undang secara resmi ikut jadi peserta setiap ada kegiatan resmi seperti pameran pembangunan atau kegiatan sejenis lainnya. Di selenggarakan baik lokal hingga tingkat Nasional.

Bahkan sudah banyak hasil dari batik terjual terutama melayani pesanan musiman. Termasuk kebanggaan pengrajin batik saat Ibu Bupati dan Ibu Kapolres Kabupaten Sarolangun sering kali mengajukan pesanan di sanggar ini.

“Ibu Kapolres dan Ibu Bupati sudah sering beli di sanggar batik yang ada di Desa kita,” jelas Sukadi Kepala Desa Bukit Murau.

Saat ini ada 2 (dua) motif yang jadi fovorit, Motif Bungo Rayo dan Motif Ikan Semah. Yang sudah siap isi pasaran sesuai pesanan baik yang sudah jadi maupun masih berbentuk bahan dasar.

Penuturan Sukadi Kepala Desa Bukit Murau, usaha Sanggar batik tulis dan Cap ini ke depannya adalah salah satu item yang akan di kelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Dana Desa Tahap 3 (tiga) Tahun 2018, akan di penyertaan Modal melalui BUMDES, agar tertopang dana yang memadai guna menunjang usaha tersebut hingga sampai pemasaran.

Selain dana, sebelumnya sanggar ini terkendala persoalan pemasaran hasil produksi baik siap pakai maupun berbentuk bahan dasar. Jelas berharap perhatian Pemerintah Kabupaten agar membantu menjembatani pemasaran dari produk yang di hasilkan baik lokal maupun luar Daerah.

Baca Juga  Usaha Mikro Daerah Perbatasan : Pelaku Mikro Rohil Perlu Suntikan Dana DAK untuk Kembangkan Usahanya

“Nah itu salah satu kendala yang mesti kita bantu selaku pemerintah Desa, tapi kita juga berharap dukungan dari pihak pemerintah Kabupaten dalam hal pemasaran hasil ini,” tutup Sukadi kembali menimpali saat di temui awak media di Sanggar Lisa Batik, Sabtu (15/9/2018).

Penulis : AES-Srl.
Editor   : Aj

print

Iklan Banunanda Nias

Berita Populer

To Top