Leaderboard Leaderboard
Banyuwangi

Ketahuan Edarkan Obat Jenis Trilhexiphenidyl, Seorang Pemuda Meringkuk di Rutan Mapolsek Kalibaru

BANYUWANGI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Satuan Unit Reskrim Polsek Kalibaru berhasil membekuk pelaku berinisial SB, 27 tahun warga Dusun Gunung Terong RT 002 RW 003 Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru.

SB diduga telah melakukan tindak pidana dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi jenis T1rihexyphenidyl yang tidak memenuhi standart persyaratan keamanan, khasiat dan mutu tanpa disertai ijin edar, sebagaimana dimaksud dalam pasal 196 Subs 197 UU RI No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

Demikian informasi yang disampaikan Kapolsek Kalibaru di awal penjelasannya kepada media online iGlobalNews melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, Rabu (08/08/2018) pukul 15.54 WIB.

Menurut AKP Abdul Jabbar, SH, penangkapan tersebut berdasarkan Laporan Polisi pada tanggal 7 Agustus 2018. Dengan waktu kejadian pada hari Selasa tanggal 7 Agustus 2018 Jam 16.00 WIB yang bertempat di Warung Ijo Dusun Tegalpakis RT 004 RW 002 Desa Kalibaruwetan Kecamatan Kalibaru.

Dengan saksi-saksi, di antaranya; Erpan Efendi, Aspolsek Kalibaru, Chandra Juniarta, Aspolsek Kalibaru dan Indra Wahyudi, seorang karyawan tetap PT. S.U.B. Kalibaru, dengan alamat Dusun Krajan RT 04 RW 04 Desa Kalibarukulon Kecamatan Kalibaru.

Selanjutnya AKP Abdul Jabbar, melalui menjelaskan, barang bukti yang didapat dari tersangka antara lain; uang tunai hasil penjualan sejumlah Rp 20 ribu, 48 butir Pil Y / obat Trilhexiphenidyl yang dikemas ke dalam 12 klip dengan isi setiap 1 klipnya sebanyak 4 butir Pil Y / obat jenis Trilhexphenidyl dan 1 bungkus kosong rokok Surya warna Merah.

Kemudian, jelas AKP Abdul Jabbar menerangkan, kronologi penangkapan terhadap pelaku berawal pada saat anggota Unit Reskrim Polsek Kalibaru sedang melaksanakan patroli di sekitar wilayah Desa Kalibaruwetan.

Unit Reskrim Polsek Kalibaru mendapat informasi bahwa ada seorang laki-laki yang berinisial SB mengedarkan Pil Y/obat jenis Trilhexiphenidyl kepada teman-temannya.

Baca Juga  Drainase Buruk, Jalan Raya Jember di Kecamatan Kalibaru Tergenang Air

Selanjutnya, pada Selasa (07/08/2018) sekira jam 15.40 wib dilakukan pengintaian di Warung Ijo Kalibaru.

Ketika dilakukan pengintaian, tak lama kemudian ada seorang laki-laki diketahui berinisial IW masuk ke warung.

Lima menit kemudian datanglah SB. Tidak lama saat pengintaian dilakukan, SB mengeluarkan sesuatu dari saku jaketnya yang kemudian diserahkan kepada IW.

“Setelah itu kami lakukan penggeledahan dan interogasi kepada IW, saat itu didapati ada 2 klip Pil Y (obat jenis Trilhexiphenidyl) yang setiap klipnya berisi 4 butir hasil membeli dari SB,” ujar AKP Abdul Jabbar.

Unit Reskrim Polsek Kalibaru melakukan penggeledahan dan interogasi terhadap SB, yang akhirnya membuahkan hasil dengan didapatinya di saku kanan jaket yang dipakainya menyimpan 40 butir Pil Y/obat Trilhexiphenidyl yang dikemas dalam 10 klip yang setiap klipnya berisi 4 butir yang dimasukan ke dalam 1 bungkus kosong rokok Surya warna merah.

Selanjutnya, tersangka dengan barang bukti dibawa ke Mapolsek Kalibaru guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, AKP Abdul Jabbar meneruskan, “Untuk tindakan selanjutnya membuat Laporan Polisi, melakukan pemeriksaan kepada para saksi, melaksanakan gelar perkara, memeriksa tersangka, menyita Barang Bukti. Kemudian mengirim BB ke Labfor cabang Surabaya, berkoordinasi dengan Sat Narkoba Polres Banyuwangi, koordinasi dengan Dinkes Banyuwangi, kemudian tersangka ditahan di Rutan Mapolsek Kalibaru,” ungkap AKP Abdul Jabbar.

Penulis: Mtf.
Editor: Aj

print

Iklan pt bukit asam Iklan Visit Banten Iklan Caleg Banten Dapil Lebak Iklan SOAK

Berita Populer

To Top