Leaderboard
Banyuwangi

Persyaratan Pengajuan Pemekaran Desa Macanputih sudah Tuntas

Pemekaran Desa Macanputih

BANYUWANGI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Berkenaan dengan proses tahapan pengajuan pemekaran Desa Macanputih Kecamatan Kabat, mengenai persyaratan-persyaratan yang diminta oleh Kabag Tata Pemdes Kabupaten Banyuwangi, Pemdes Macanputih sudah menuntaskannya. Hal ini dijelaskan Aseri selaku Kades Macanputih Kecamatan Kabat saat media mewawancarai di ruang kerjanya, Senin (09/07/2018).

Lanjut Aseri, bahwa persyaratan-persyaratan yang sudah dituntaskan di antaranya; persyaratan terkait tingkat perkembangan ekonomi desa, kemudian penegasan batas desa induk maupun desa persiapan dan peta wilayah desa serta hal-hal yang perlu dilengkapi.

Foto: Macanputih Kecamatan Kabat (Aseri) di kantornya.

Foto: Macanputih Kecamatan Kabat (Aseri) di kantornya.

Termasuk kriteria persyaratan pemekaran itu sendiri yang diatur oleh kementerian dalam negeri, yang mana antara desa induk dan desa persiapan tidak kurang dari 6000 jiwa atau 1200 KK.

Sementara di Desa Macanputih jumlah KK-nya sebanyak 3700 KK, jadi Desa Macanputih sudah layak dimekarkan, karena sudah mencukupi persyaratan itu.

Dikatakan Aseri, bahwa desa persiapannya yaitu Desa Labanasri ini sudah ada kantornya, “Bahkan persyaratan-persyaratan yang sudah kita tuntaskan itu sudah diserahkan kepada Kabag Tata Pemdes
Banyuwangi. Umpama bola itu sudah di daerah, tinggal menunggu SK Bupati Banyuwangi, terus tindak lanjutnya ke provinsi maupun ke pusat.”

Di penghujung penjelasannya, Aseri mengatakan bahwa masyarakat Desa Macanputih ini memang
sejak dulu menghendaki pemekaran desa.

Karena dengan pertimbangan banyak aspek yang perlu diperhatikan oleh Pemda, khususnya terkait dengan peningkatan pelayanan masyarakat di segala bidang.

Terlebih Desa Macanputih ini merupakan desa terluas yang ada di Kecamatan Kabat yang jumlah wilayah dusunnya sebanyak 9 dusun dan Pemdes Macanputih berharap sekali ada perhatian dari Pemda, dari pemerintah provinsi dan dari pemerintah pusat, yang intinya untuk permohonan warga Desa Macanputih terkait dengan pengajuan pemekaran Desa Macanputih ini segera direalisasikan, karena persyaratan sudah dipenuhi semua.

Baca Juga  IBU-IBU IKUT BANTU KADES SUMBERGONDO BERSIHKAN JALAN DESA

Peliput: Mtf/MS.
Editor: Dani.

Leaderboard

Berita Populer

To Top