Leaderboard Leaderboard
Aceh

Pemkab Pidie Komit Jalankan Percepatan Pencapaian SDGS

Pemkab Pidie

PIDIE, IGLOBALNEWS.CO.ID – Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, ST menyampaikan komitmen pemerintah Pidie dalam menjalankan berbagai upaya untuk percepatan pencapaian target Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goal (SDGS).

“Pemerintah Pidie berkomitmen menjalankan berbagai upaya strategis untuk percepatan pencapaian TPB/SDGS di Pidie. Kami berharap semua pihak dapat memperkuat kerja sama dan menjalankan berbagai upaya dengan seoptimal mungkin,” kata Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, ST, Rabu (18/7/2018).

Sebab 17 tujuan yang termuat dalam TPB/SDGS tersebut merepresententasikan harapan seluruh elemen masyarakat. Semua orang ingin hidup dengan baik, terpenuhi kebutuhan dasarnya, bebas dari kemiskinan dan kelaparan, mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, bisa memanfaatkan air bersih, berkurangnya kesenjangan serta dapat menikmati hidup dengan iklim sosial dan ekonomi yang nyaman dan berkeadilan.

Komitmen ini disampaikan di hadapan peserta pada saat membuka acara konsultasi publik SDGS pemangku kepentingan yang diselenggarakan oleh Bappeda Pidie dan Flower Aceh dengan mengusung tema “Mewujudkan SDGS yang Responsif Gender, Inklusif dan Transformatif’ pada 18 Juli 2018 di Aula Bappeda Pidie.

Kegiatan ini menghadirkan puluhan orang peserta dari unsur pemerintahan Pidie, organisasi masyarakat sipil dan lembaga pemerhati isu perempuan, perguruan tinggi dan akademisi, media, serikat buruh/pekerja, unsur filantropi dan swasta, serta perwakilan Forum Komunitas Perempuan Akar Rumput (FKPAR) Pidie.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perencanaan Pemerintah dan Pengembangan Manusia, Bappeda Kabupaten Pidie, Faisal memaparkan tentang platform TPB/SDGS dan landasan hukum pelaksanaannya dan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Pidie untuk percepatan pencapaian TPB/SDGS.

“Platform TPB/SDGs merupakan agenda dunia yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sejak 21 Oktober 2015 sebagai tindak lanjut dari program Millenium Development Goals (MDGS) yang perakhir pada tahun 2015.

Baca Juga  Lantik Pejabat Fungsional dan Struktural, Begini Permintaan Bupati Pidie

SDGS menjadi rencana pembangunan dunia hingga tahun 2030 yang bertujuan untuk kemaslahatan manusia dan bumi, dengan mengedepankan prinsip “No one left behind” atau tidak seorangpun ditinggalkan”.

Pelembagaan agenda SDGs ke dalam program pembangunan nasional diatur dalam Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diterbitkan pada 4 Juli 2017. Perpres tersebut juga menjadi dasar hukum bagi pelasakanaan agenda SDGs di seluruh Indonesia, dan dapat terintegrasi secara harmonis dalam agenda pembangunan pemerintah sampai di tingkat kabupaten/Kota”.

Lebih lanjut, Faisal menegaskan upaya pemerintah Pidie dalam mengintegrasikan SDGS dalam perencanaan daerah.

print

Laman: 1 2

Iklan pt bukit asam Iklan Visit Banten Iklan Caleg Banten Dapil Lebak Iklan SOAK

Berita Populer

To Top