Leaderboard
Berita Utama

Pemkab Morowali Cabut Program Kesehatan Gratis, Masyarakat Kurang Mampu Prihatin

Program Kesehatan Gratis

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Morowali akan mencabut dua program kesehatan gratis yakni; Jaminan Sosial Daerah (JAMSOSDA) dan Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) pada 15 Juli 2018.

Hal ini diakibatkan target pencapaian pendapatan daerah Morowali tidak tercapai. Sehingga dipastikan hingga akhir tahun anggaran 2018 anggaran belanja Jamkesda dan Jamsosda tidak mampu dibiayai lagi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali.

Pencabutan kedua Fasilitas Pelayanan kesehatan gratis tersebut berdasarkan surat edaran Bupati Morowali nomor 188.5/07/05/Bup – Dinkespp/VII /2018 tanggal 04 juli 2018.

Surat edaran ini telah disampaikan kepada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang telah bekerjasama pemda morowali antara lain; Kepala UPTD Puskesmas se-Morowali, RSUD Morowali, Direktur RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo Makassar, RSUD Poso, RSUD Undata Palu, RSUD Madani Palu, RSUD Kolonodale, RSU Anuntapura Palu dan RSU Bahtera Mas Kendari agar tidak melayani atau merujuk pasien yang menggunakan Jamkesda dan Jamsosda mulai tanggal 15 juli 2018.

Alasan Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali atas pencabutan program kesehatan garatis tersebut berdasarkan hasil evaluasi realisasi pendapatan daerah Kabupaten Morowali pada semester 1 tahun anggaran 2018 yang tidak mencapai target sebagaimana yang telah ditetapkan dalam APBD tahun anggaran 2018.

Atas pertimbangan kemampuan keuangan daerah tersebut, sehingga tidak mampu lagi membiayai anggaran belanja JAMKESDA dan JAMSOSDA hingga akhir tahun anggaran 2018.

Sejumlah masyarakat kurang mampu Peserta Jamsosda dan Jamkesda saat ditemui media ini pada Selasa, (11/07/2018) di Desa Kolono dan Ululere Kecamatan Bungku Timur mengaku sangat merasa prihatin atas dicabutnya dua fasilitas pelayanan kesehatan gratis dari Pemda Morowali.

“Kondisi ekonomi kami kurang mampu, kalau harus bayar ketika berobat, terus terang kami tidak sanggup,” ucapnya dengan raut wajah penuh prihatin.

Baca Juga  Panitia MTQ Ke-27 Tingkat Provinsi Sulteng Dikukuhkan

Saya berharap kepada pemerintah daerah agar tidak mencabut program kesehatan gratis (Jamsosda) bagi masyarakat tidak mampu.

“Kalau masyarakat ekonominya sudah mapan, itu wajar dicabut keikutsertaannya dalam program Jamsosda dan Jamkesda,” ujarnya.

Peliput: Abd Rahman Tanra.
Editor: Dani.

print

Iklan Banunanda Nias Iklan Aceh

Berita Populer

To Top