Leaderboard
Aceh

Mahasiswa KKN Unsyiah Ajarkan Warga Buat Sabun Cair

Mahasiswa KKN Unsyiah

ACEH BESAR, IGLOBALNEWS.CO.ID – Salah satu syarat menyelesaikan program Sarjana untuk mahasiswa Unsyiah adalah perlunya melaksanakan ‘Kuliah’ Kerja Nyata (KKN). Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis KKN yang diselenggarakan Unsyiah. Salah satunya adalah KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat).

Senin (9/7/ 2018 ) lalu, sekelompok mahasiswa Unsyiah yang tergabung dalam kelompok KKN PPM – 002 melakukan praktek terkait dengan cara pembuatan sabun cair cuci piring kepada warga Gampong Layeun, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

Kegiatan ini merupakan satu dari berbagai macam pelatihan yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN PPM-002.

Pembuatan sabun merupakan program yang diusulkan oleh Muhammad Fadli, mahasiswa Teknik Kimia Unsyiah. Namun, seluruh mahasiswa kelompok KKN PPM-002 yang terdiri dari 32 mahasiswa dari 5 fakultas berbeda (fakultas
Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, Fakultas Hukum) di Unsyiah turut membantu dalam pelaksanaannya.

Fadli mengatakan, pembuatan sabun cair cuci piring ini menggunakan berbagai macam bahan kimia diantaranya Texapon, Natrium Klorida, SLS, pewangi dan pewarna. Bahan-bahan ini dapat diperoleh di toko kimia.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, dimana tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman sekaligus sebagai sarana untuk membangun kreatifitas masyarakat.

Dikatakan Fadli, sasaran kegiatan tersebut adalah para ibu-ibu Gampong Layeun, sehingga kegiatan itu dilaksanakan di Polindes Gampong Layeun bersamaan dengan diadakannya Kegiatan sekali sebulan.

“Bahkan, anak-anak Gampong Layeun juga turut berpartisipasi,” kata Fadli, Kamis (19/7/2018).

Lewat program ini, diharapkan masyarakat dapat membuat dan juga mengembangkan produk sabun secara mandiri sehingga nantinya dapat berwirausaha dan menghasilkan produk sabun Gampong Layeun. Juga sangat diharapkan warga Gampong Layeun mampu menghasilkan sabun produksi sendiri yang dapat membantu perekonomian masyarakat.

Baca Juga  Beri Pelayanan, Aparatur Pemerintah Diminta Tidak Lakukan Pungli

Reporter : Ikhsan
Editor: Aj

print

Iklan Banunanda Nias

Berita Populer

To Top