Leaderboard Iklan HUT RI iglobalNews
Berita Utama

TRUTH: Penangguhan Penahanan Camat Pagedangan Lukai Masyarakat

TRUTH Penangguhan Penahanan Camat Pagedangan Lukai Masyarakat

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Kasus Pungli yang menimpa mantan Camat Pagedangan Ahmad Kasori pada Februari lalu yang menerima uang sebesar Rp 45 juta terkait penerbitan SKDU atas rumah ibadah di wilayah Pagedangan ditangguhkan penahanannya oleh Polres Tangsel, Kamis (07/06/2018).

Hal tersebut dikemukakan oleh Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan, Kapolres menjelaskan, penangguhan penahanan Camat Pagedangan tersebut dilakukan karena syarat-syarat penangguhan penahanan yang disyaratkan telah terpenuhi. Sehingga pihak kepolisian merasa telah cukup memiliki dasar mengabulkan penangguhan penahanan tersebut.

Sementara Koordinator Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) Aco Ardiansyah mengatakan, “Kami melihat hal yang tidak lazim dari penangguhan ini. Bahkan sekelas Sekda harus turun untuk membantu proses pengangguhan. Tentu hal tersebut menjadi preseden buruk bagi Pemda Kabupaten Tangerang karena semangat memberantas pungli dijalankan setengah hati.”

“Sangat melukai hati masyarakat atas pengangguhan tersebut. Kami kawatir akan dipakai oleh pelaku pungli lain untuk melakukan hal serupa. Walaupun secara aturan hukum sudah sesuai tapi terkait moral menurut kami belum selesai dan akan menjadi catatan buruk bagi penegak hukum,” ujarnya.

“Sekalipun dalam hal ini sekda berdiri atas nama pribadi, namun dalam dirinya melekat institusi sebagai kepala SKPD secara nilai moral tentu ini menunjukkan tidak baik,” papar Aco.

Sebelumnya Ahmad Kasori diancam dengan Pasal 12 huruf e Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Korupsi, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Namun nampaknya hal tersebut tidak terjadi karena sudah ditangguhkan.

Peliput: Juno.
Editor: Dani.

Iklan Banunanda Nias Iklan HUT RI Aceh Kabupten Pidie
Iklan HUT RI Aceh Kabupten Pidie Iklan HUT RI Pemkab Nias

Berita Populer

To Top