Leaderboard Iklan HUT RI iglobalNews
Berita Utama

Polda Banten Tetapkan Dirut PT. Cing Kai Lie Sebagai Tersangka

PT. Cing Kai Lie

BANTEN, IGLOBALNEWS.CO.ID – PT. Cing Kai Lie sebuah perusahaan pengoplos BBM sejenis solar ilegal dengan omzet ratusan milyar pertahun, oleh Polda Banten Dirut PT tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka.

PT. Cing Kai Lie beroperasi di wilayah hukum Polda Banten tepatnya di Kampung Sarakan RT. 005/005 Desa Sukasari Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang Banten. Seperti diketahui, PT Ching Kai Lie memproduksi oli bekas untuk dijadikan BBM jenis solar selama kurang lebih 3 tahun. Bahkan, keberhasilan Polda Banten dalam mengungkap kasus pengoplosan BBM oleh PT. Ching Kai Lie mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.

PT. Ching Kai Lie telah melakukan tindak pidana migas dengan cara memproduksi dan memperdagangkan minyak solar hasil olahan dengan bahan baku oli bekas tanpa dilengkapi legalitas atau izin sesuai Undang-undang yang berlaku. Polda Banten melalui tim peyelidik Subdit 1 Indagr Ditreskrimsus melakukan pengungkapan kasus kegiatan pengoplosan BBM berjenis Solar tanpa izin oleh PT. Ching Kai Lie, di kampung Sarakan, RT 005 RW 005, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (22/2/2018).

Perizinan tersebut diantaranya, ijin pengelolahan limbah B3, ijin pemanfaatan limbah B3, Ijin penyimpanan limbah B3 dan Ijin pengolahan hasil olahan yang dikeluarkan Ditjen Migas.

Menurut AKBP Atot Irawan Kasubdit 1 Indag Polda Banten saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan terkait persoalan penggerebekan perusahaan pengoplos BBM berjenis solar yang dilakukan tim Dirkrimsus Polda Banten beberapa bulan lalu telah menetapkan Yan Huaran, warga negara Tiongkok selaku Dirut PT Cing Kai Lie sebagai tersangka per tanggal 25 Maret 2018.

“Surat pemanggilan tersangka pun sudah dilakukan per tanggal 2 Mei 2018 dengan alamat tujuan apartemen Laguna Pluit lantai 9 Tower A Jakarta Utara yang selama ini diketahui tempat tinggal tersangka,” terangnya

Baca Juga  Pajrina Jumarti SH, MH, Gelar Tasyakuran untuk Ibadah Umroh

“Namun sangat disayangkan, surat panggilan pertama tidak sampai karena surat tersebut dikembalikan lagi oleh pihak pos kepada kami dengan alasan tidak ada yang menerima,” ujarnya.

“Lalu disusul surat panggilan kedua yang kami tujukan ke alamat PT. Cing Kai Lie. Namun yang bersangkutan belum juga memenuhi panggilan, dan apabila surat panggilan ketiga tersangka masih juga tiga kooperatif, maka tersaka akan kami tetapkan sebagai DPO,” tambah Atot.

Penulis: Nero/Kord 04.
Editor: Dani.

Iklan Banunanda Nias Iklan HUT RI Aceh Kabupten Pidie
Iklan HUT RI Aceh Kabupten Pidie Iklan HUT RI Pemkab Nias

Berita Populer

To Top