Leaderboard
Sumatera Utara

Son Giawa: Administrasi Kependudukan Prioritaskan Kepada Pelajar

Son Giawa

SUMATERA UTARA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pelayanan masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara tampak mulai tertata rapi dan cepat.

Ketika wartawan Iglobalnews.co.id menyambangi Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di ruang kerjanya di Jalan Sorake KM. 7, Kamis (3/5/18), Sokhinaso Giawa mengatakan, “Demi pelayanan masyarakat Nias Selatan yang mengurus administrasi kependudukan, seperti Akte Kelahiran, Akte Perkawinan, Kartu Keluarga, dan KTP-e, kami di dinas ini kadang kala bekerja sampai jam 9 malam,” tandas Giawa.

“Kepengurusan akte kelahiran bagi pelajar (umur 18 tahun ke bawah-red) menjadi prioritas kita, asal semua dokumen/syarat yang dibutuhkan lengkap, maka dipastikan bisa siap satu hari, termasuk KK,” jelas Kadis.

“Untuk perekaman dan percetakan KTP-e sudah mulai kita cetak, bahkan kita telah menjadwalkan akan melayani langsung masyarakat di desa untuk melakukan perekaman KTP-e mulai bulan Juli 2018 akan datang, jika alat dan jaringan tidak terganggu,” jelas Giawa.

Ia menambahkan,”Menanggapi keluhan masyarakat yang telah merekam KTP-e hingga sampai saat ini belum bisa tercetak, itu bisa disebabkan karena pada saat melakukan perekaman jaringan terganggu. Sehingga data tersebut tidak bisa terekam, lalu solusinya agar yang bersangkutan datang kepetugas untuk mengecek, atau direkam ulang.”

“Dukcapil Nias Selatan mempunyai target setiap hari dalam pelayanan masyarakat secara express, khususnya percetakan Akte Kelahiran dan KK mulai dari 100 s/d 150 lembar per hari, sepanjang tidak ada gangguan. Seperti jaringan, dan lampu bahkan dukcapil menargetkan 95% tahun 2018 ini akte kelahiran kita siap cetak,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Son Giawa mengharapkan agar masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan melengkapi dokumen/ syarat yang diperlukan supaya tidak bolak – balik datang ke dinas kependudukan.

Baca Juga  Belum Setahun, Proyek Dinas PU Medan Sudah Rusak

Keterlambatan dan kendala selama ini yang dihadapi pihak Dukcapil dalam pelayanan masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan, khususnya KTP-e,akte lahir, dan KK adalah masalah jaringan, lampu, dan peralatan yang masih terbatas.

Jurnalis: Riswan Gowasa.

print

Iklan Banunanda Nias

Berita Populer

To Top