Leaderboard Iklan HUT RI iglobalNews
Aceh

FKUB Aceh Sesalkan Peristiwa Ledakan Bom di Surabaya

BANDA ACEH, IGLOBALNEWS.CO.ID – Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) dan seluruh umat beragama di Aceh sangat menyesalkan dan ikut prihatin atas peristiwa ledakan bom pada sejumlah tempat ibadah gereja di Surabaya yang terjadi Minggu (13/5/2018) pagi serta ikut berduka atas jatuhnya korban yang meninggal dunia dan yang masih dirawat.

Kekerasan atas nama agama merupakan kejahatan kemanusiaan yang tidak dapat dibenarkan. FKUB Aceh mengharapkan kepada umat beragama di Aceh khususnya untuk tenang dan tetap waspada menghadapi Setiap kejadian yang bertujuan mengganggu kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

Menyambut bulan suci Ramadan tahun 2018 seluruh pemuka agama dan tokoh agama lintas agama yang tergabung dalam FKUB Aceh yaitu Islam, Kristen Katolik, Budha, dan Hindu menghimbau seluruh umat beragama di Aceh untuk
senantiasa menjaga kehidupan sosial yang sejuk damai dan rukun di tengah umat.

“Dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia,” ajak Para anggota dari Forum Kerukunan Ummat Beragama dalam konferensi pers di Banda Aceh, Senin (14/5/2018).

Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Aceh adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah. FKUB adalah forum berkumpulnya pemuka agama dan tokoh agama dari berbagai agama di Aceh baik di tingkat provinsi maupun kota yang tugas dan fungsinya antara lain menampung dan menyalurkan aspirasi umat beragama.

Di Aceh FKUB sudah terbentuk sejak tahun 2007 dibentuk berdasarkan undang-undang nomor 11 tahun 2011 tentang pemerintahan Aceh, Qanun Aceh nomor 4 tahun 2016 tentang pedoman pemeliharaan kerukunan umat beragama dan pendirian tempat ibadah, Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan menteri agama RI Nomor 9 dan 8 tahun 2006, Peraturan Gubernur Aceh nomor 22 Tahun 2011 tentang pedoman pelaksanaan tugas FKUB.

Baca Juga  Kemenag Turunkan Tim Penilai KUA Kecamatan Teladan se-Aceh

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh tokoh lintas agama dan dari unsur akademisi, di antaranya Hamid Sarong dari Ormas Alwashliyah, Suardi Saidi Ormas Muhammadiyah, Tgk Asmawi Ormas NU, Idaman Sembiring Pemuka agama Kristen, Yuswardi Pemuka agama Buddha, Paini pemuka agama Hindu, Hasan Basri dari unsur akademisi dan Fakhri Yacob juga dari Unsur akademisi.

Reporter : Ikhsan.

Iklan Banunanda Nias Iklan HUT RI Aceh Kabupten Pidie
Iklan HUT RI Aceh Kabupten Pidie Iklan HUT RI Pemkab Nias

Berita Populer

To Top