Leaderboard
Ekonomi

Usaha Mikro Daerah Perbatasan : Pelaku Mikro Rohil Perlu Suntikan Dana DAK untuk Kembangkan Usahanya

Usaha Mikro

BAGANSIAPIAPI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pelatihan vocational daerah perbatasan pengolahan kerupuk kerang dan keladi ungu tahun 2018 di buka secara resmi oleh Plt Bupati Rokan Hilir (Rohl) H. Jamiludin. Acara pelatihan tersebut di gelar di Aula Lantai 5 (lima) Hotel Lion jalan Mawar Bagansiapiapi, Selasa (17/04/2018).

Tampak Kadis Koperasi dan UMKM Rohil Wazirwan Yunus, Kabag, kasubag dan staff Dinas Koperasi dan UMKM
Rohil. Tampak hadir juga saat pelatihan ini sebagai nara sumber yakni kasub bidang peningkatan lembaga dan pendidikan latihan KUKM Tengku Marisa Ariani,S.IA yang mewakili deputi bidang pengembangan sumber daya manusia kementerian koperasi dan UKM RI.

Tampak yang hadir juga sejumlah kepala dinas dilingkungan pemdakab Rohil dan puluhan para peserta latihan.

Kadis Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Wazirwan Yunus menjelaskan bahwa letak geografis wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) adalah salah satu kabupaten yang berada di
daerah Perbatasan, dimana wilayah perbatasan tersebut di kecamatan Bangko, kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) dan Kecamatan Sinaboi.

“Kecamatan Bangko letak ibukota Kabupaten Rokan Hilir, kecamatan Sinaboi dan kecamatan Pasir Limau kapas adalah kecamatan di daerah perbatasan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,”katanya.

Oleh sebab itu dilakukan kegiatan ini dengan menggunakan dana DAK (Dana Alokasi Khusus) yang merupakan dana dari pusat untuk di berikan kepada daerah perbatasan. Atas kerjasama pemerintah pusat dengan pemerintah daerah
Rokan Hilir maka dilaksanakan pelatihan pengolahan kerang dan pengolahan keladi ungu.

“Pengolahan kerang dan keladi ungu menjadi unggulan daerah Rokan Hilir,”terangnya.

Disebutnya, kalau didaerah di sebut UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) karena sesuai dengan undang-undang kewenangan yang di berikan pusat kepada daerah kabupaten hanya mikro.

Baca Juga  Usaha Mikro dan Kecil hanya di Kantor Camat Urus IUMK

Kata Ia menambahkan, visi dinas koperasi mewujudkan koperasi UMKM sebagai pelaku utama ekonomi yang berbasis kerakyatan sedangkan misi mewujudkan koperasi dan UMKM menjadi pelaku ekonomi yang tangguh dan profesional.

print

Laman: 1 2

Iklan Banunanda Nias

Berita Populer

To Top