Pendidikan

Koalisi Masyarakat Bentuk Koalisi untuk Pantau PPDB 2018

PPDB 2018

TANGERANG SELATAN, IGLOBALNEWS.CO.ID – TRUTH bersama jaringan masyarakat sipil membentuk Koalisi Masyarakat Peduli Pendidikan (KMPP) yang akan membuka posko informasi dan pengaduan penerimaan siswa baru, dalam konferensi pers yang digelar di Sekretariat TRUTH, Senin (16/04/2018).

Jupry Nugroho mengatakan bahwa pembukaan posko terkait informasi dan pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) serempak di 11 Provinsi di seluruh Indonesia dan salah satunya di Kota Tangerang Selatan.

“Pembukaan Posko ini adalah inisiasi dari ICW yang mengajak beberapa jaringan masyarakat sipil di Indonesia untuk memantau dan membuka posko pengaduan PPDB di masing-masing daerah, yang nanti selanjutnya akan berjalan sampai bulan September. Di Tangsel sendiri TRUTH sudah melakukan pemantauan PPDB sejak 2017,” kata Jupry.

Ditambahkannya bahwa ada 8 organisasi yang telah tergabung dalam KMPP, di antaranya Gema Aksi, HMI KOMFAKTEK, IKA SAKTI, LSP, GP Ansor Kecamatan Serpong, Karang Taruna Kelurahan Pondok Aren dan TRUTH.

Harapannya bahwa dengan dibentuknya koalisi ini, masyarakat dapat memberikan informasi dan pengaduan seputar permasalahan PPDB di Tangsel dan sekitarnya.

Sementara Nurman Samad dari IKA SAKTI yang didampingi Adam Alfian dari Lingkar Studi Pamulang menjelaskan bahwa permasalahan PPDB tahun 2017 di Tangsel masih seputar Pungli jual beli bangku sekolah dan tidak terbukanya proses seleksi.

Ketua Umum HMI Komisariat Fakultas Teknik (Komfaktek) Leo Purnama Aji yang juga hadir dalam konferensi pers memaparkan persoalan pendidikan khususnya di Tangsel menjadi masalah yang tidak pernah tuntas diselesaikan oleh Pemkot Tangsel. Belum lama ini maraknya dugaan pungli pada pelaksanaan UNBK terjadi di beberapa SMP.

“Pungli sektor pendidikan di Tangsel ini seolah menjadi hal biasa. Karena dari tahun ke tahun tidak ada perbaikan, apalagi ketika menghadapi PPDB seperti hari ini, tidak tegasnya Dindikbud Tangsel dalam memberikan sanksi ketika ada sekolah yang dilaporkan oleh masyarakat karena melakukan praktek pungli, seakan mempertegas bahwa Pemkot Tangsel setengah hati dalam memberikan layanan di sektor pendidikan,” Kata Leo Purnama Aji.

Baca Juga  Truth: Lelang JPT Bermasalah, DPRD Tangsel harus Bernyali Panggil Pansel

Sementara itu, M. Andrean Saefudin dari Gema Aksi menjelaskan bahwa masyarakat dapat memberikan informasi dan pengaduan terkait PPDB melalui pesan ataupun telpon ke (0858 8882 7707, 0822 4943 0141) jika pun masyarakat takut akan dianonimkan masyarakat yang mengadu.

Peliput: Juno.

align center alterntif text

Berita Populer

To Top