Leaderboard
Tangerang

Kadis Dukcapil Kabupaten Tangerang: TA 2018, 10 Ribu Blanko E-KTP Telah Disiapkan

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Banyak keluhan dari masyarakat tentang pelayanan kependudukan di Kabupaten Tangerang yang lambat.

Seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang terbilang cukup lama. Bahkan, ada yang hingga satu tahun KTP yang dimohonkan belum juga terbit.

Sumardi, adalah salah seorang warga Desa Cukanggalih Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang yang mengeluh terkait pelayanan dukcapil di Kabupaten Tangerang. Awak media mewawancarainya di loket pelayanan dinas pada Jumat (13/04/18).

Dirinya mengungkapkan bahwa sudah hampir satu tahun menunggu terbitnya KTP Elektronik yang menurutnya merupakan kebutuhan primer dalam proses pengurusan berbagai hal.

Seperti yang berkaitan dengan perbankan, misalnya pengajuan kredit ke Bank atau Finance serta pengurusan administrasi pelayanan kesehatan, serta hal – hal yang bersifat penting lainnya.

“Kita memang diberi Surat Keterangan atau suket tapi itu kan ada masanya. Sementara pihak – pihak yang berkaitan dengan harus adanya identitas kependudukan, mereka menolak suket yang yang telah diterbitkan oleh Dinas terkait,” kata Sumardi.

 

Ia melanjutkan, “Ini ada apa? Sementara beberapa pemohon pembuatan Administrasi Kependudukan seperti KTP tadi, yang baru beberapa hari mengajukan berkasnya, tidak lama kemudian sudah terbit. Kok punya saya dan keluarga belum juga terbit?”

“Kalau memang ada kekurangan persyaratan dalam proses pembuatan KTP atau KK tolong dong beri tahu kita, apa saja yang harus dilengkapi?” kata Sumardi dengan nada sedikit kesal.

Sementara itu, di tempat dan hari yang sama, salah seorang yang mengaku warga Desa Kadu Kecamatan Curug malah sebaliknya. Pria yang enggan disebutkan namanya ini menyatakan bahwa pelayanan kependudukan di Dinas Dukcapil Kabupaten Tangerang ini secara umum sudah cukup baik dan sesuai SOP.

Baca Juga  1,4 Ton Narkotika Jenis Sabu Dimusnahkan Oleh POLRI Dan BNN

“Dua minggu yang lalu yang mengajukan berkas persyarakatan terkait pembuatan KTP dan KK, dan hari ini saya sudah bisa ambil kok, ini buktinya”, kata pria paruh baya itu seraya memperlihatkan E-KTP dan KK yang sudah ada
di tangannya.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang Syafrudin menyatakan, bahwa blanko e-KTP atau pun Kartu Keluarga itu sebenarnya tidak ada kekosongan.

Menurutnya keberadaan blangko kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga terbatas. “Sebenarnya tidak ada kekosongan blanko di dinas kita ini. Ada sekitar 10 ribu blangko telah kami siapkan di tahun ini hanya terbatas saja, dan seandainya kekurangan, kami bisa memohon lagi ke Kementrian terkait.”

“Andai pun ada yang lama proses pembuatanyanya, itu mungkin karena kurangnya persyaratan”, tuturnya.

Syafrudin juga menjelaskan, bahwa dengan adanya program elektronik itu untuk memangkas birokrasi.

“Pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Tangerang ini lebih kami prioritaskan terutama pelayanan dalam sisi Administrasi Kependudukan, karena itu memang tugas pokok kami. Yaitu melayani bukan dilayani,” kata dia.

“Program Elektronik itu bertujuan untuk memangkas birokrasi, jadi tidak meja yang harus disinggahi, demi cepat dan tepatnya pelayanan terhadap masyarakat sekitar kabupaten ini”, jelasnya saat keluar dari ruang kerjanya.

Sambil mengikuti gerak langkah kakinya, beberapa awak media bertanya, “Mau ke mana pa Kadis?”

“Maaf ya teman – teman media, saya mau Jum’atan dulu, next time deh kita ngobrol lagi,” tuturnya.

Peliput: Ard.

Leaderboard

Berita Populer

To Top