Ekonomi

Musrenbang Provinsi Sulawesi Tengah di Buka Menteri PPN/BAPPENAS

Musrenbang

SULAWESI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro Membuka Musrenbang Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 Di Hotel Santika Palu. Kamis .(29/03/2018). Gubernur Sulawesi Tengah H. Longki Djanggola menyampaikan pertama mengucapkan selamat datang di Kota Palu Menteri PPN/Bappenas dan rombongan dan Mentri Dalam Negeri diwakili Sekjen Kemendagri dan rombongan .

Selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan pelaksanaan Musrenbang juga dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) propinsi sulteng tahun 2019 dan forum ini merupakan forum dari pihak pihak yang berkepentingan dalam merumuskan program dan kegiatan pembangunan di Sulawesi Tengah dengan tujuan terwujudnya kesemaan pandangan serta kesiapan untuk mengantisipasi Tantangan dan peluang pembangunan yang akan dihadapi di tahun 2019 .

Selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa musrenbang RKPD ini memiliki makna sangat strategis bagi pelaksanaan pembangunan kedepan baik prespektif pembangunan daerah dan Nasional .

Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa musrenbang propinsi sulteng tahun 2019 diselenggarakan dengan Thema ” Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan untuk Pembangunan berkelanjutan ” dan Thema tersebut sejalan dengan prioritas Pembangunan Daerah sebagaimana tercamtum didalam RPJMD propinsi sulteng tahun 2016 -2021 yang diarahkan pada peningkatan kualitas SDM .

Peningkatan Daya Saing daerah dan peningkatan jaringan Infrastruktur dan kebijakan tersebut diimplementasikan melalui Visi “Sulawesi Tengah Maju, Mandiri dan Berdaya Saing” dan selanjutnya Gubernur menyampaikan capaian kinerja pembangunan di sulawesi Tengah sampai dengan tahun 2017 antara lain :

1. Pertumbuhan ekonomi propinsi sulawesi tengah tahun 2017 sebesar 7.14% dan berada diatas rata rata nasional dan pada tahun 2016 pertumbuhan ekonomi tertinggi sulawesi tengah 9.98% merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi.

Baca Juga  Heboh, Cuaca Ekstrim dan Hujan Es di Bumi Raya dan Wita Ponda

2. PDRB perkapita sulteng meningkat signifikan dari Rp. 41.14 juta pada tahun 2016 menjadi Rp. 45.26 juta tahun 2017.

3. Perkembangan laju inflasi tahunan di kota palu tahun 2015 sebesar 4.17% pada tahun 2016 berhasil ditekan hingga menjadi 1.43 % dan sementara pada tahun 2017 inflasi meningkat menjadi 4.33%.

Laman: 1 2

align center alterntif text

Berita Populer

To Top