Leaderboard
Sumatera Utara

Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara Terima Limpahan Kasus Alkes RSU Tarutung

Kasi Penkum Kejatisu, Sumanggar Siagian SH

MEDAN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dinyatakan lengkap (P-21), Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah menerima berkas pelimpahan tahap dua, terhadap tiga tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alkes dan KB tahun 2012 di RSU Swadana Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.

Pelimpahan berkas ketiga tersangka itu dibenarkan oleh Kasi Penkum Kejatisu, Sumanggar Siagian SH saat dikonfirmasi awak media, Jumat (09/03/2018).

“Ya benar, kemarin hari Rabu (07/03/2018), ada tiga orang tersangka yang dilimpahkan penyidik subdit Tipikor Poldasu”, bilang mantan Kasi Pidum Kejari Binjai

Kasi Penkum Kejatisu, Sumanggar Siagian SH

Foto Kasi Penkum Kejatisu, Sumanggar Siagian SH.

Diungkapkannya, ketiga tersangka yang dilimpahkan penyidik subdit Tipikor Poldasu ke JPU Kejatisu diantaranya, Hotman Sihombing selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Rudi MH Siregar selaku Ketua Panitia dan Seketaris Panitia Wilson JP Ritonga.

Dikatakannya lagi, untuk satu orang tersangka lainnya, yakni Saut Hutasoit selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), penyidik Tipikor Polda Sumut belum melimpahkannya.

“Kita masih menunggu pelimpahan tersangka lainnya dari Polda”, kata Sumanggar Kasus ini dilaporkan pada tahun 2015, berdasarkan hasil temuan audit Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut, kerugian negara mencapai Rp 1.257.709.650 dari total anggaran Rp 8 (delapan) miliar lebih bersumber dari dana APBN 2012.

“Saat ini ketiga tersangka sudah ditahan di Rutan Tanjung Gusta Medan untuk proses penahan selama 20 hari kedepan”, ujarnya mengakhiri.

Penulis :Lubis

Editor: Aj

Berita Populer

To Top