Leaderboard
Lombok

Cerita Aktivis Jalanan Menuju Aktivis Senayan

Aktivis

TANGERANG SELATAN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Bang Karman, sapaan akrabnya dia adalah salah satu aktivis yang sudah menghabiskan waktu dari separauh hidupnya. Bayangkan kita hidup di kota besar banyak cobaan dan kepingan-kepingan yang menjerit kita lewati.

Dahulu, para aktivis hanya mengandalkan strategi demonstrasi dan perlawanan melalui perlemen jalanan. Di banyak kota, para aktivis, khususnya mahasiswa, seringkali hanya bisa berekspresi melalui aksi menutup jalan sembari menyampaikan tuntutan melalui megaphone.

Ada anggapan bahwa jalan aktivis paling heroik adalah jalannya para demonstran. Ada asumsi bahwa untuk jadi seorang pembela hak rakyat, anda harus berpanas-panas di jalan raya sembari membawa spanduk.

Seiring dengan dinamika zaman, banyak hal yang berubah. Aktivis zaman now yang hanya mengandalkan demonstrasi justru menjadi lelucon. Pergerakan aktivis harus lebih canggih. Mereka tidak cuma mengandalkan demonstrasi dan parlemen jalan, tapi bergerilya melalui tulisan-tulisan mengunggah di media sosial. Mereka bisa mengkoordinir ribuan massa melalui ujung jemari saat mengirim pesan di Facebook dan Twitter, kemudian menggerakkan banyak orang.

Aktivis sekarang bekerja melalui banyak jalur di media sosial. Mereka bergerak jauh lebih cerdas. Mereka bisa memonitor dinamika sosial melalui perangkat teknologi yang dimilikinya. Mereka menjadikan ujung jemari sebagai senjata yang menggugah kesadaran. Senjata mereka bukan lagi spanduk dan megaphone. Senjatanya adalah menulis di ranah digital dan masuk dalam sistem itu yakni mengisi kursi Senayan.

Bang karman adalah salah satu dari bagian cerita diatas dan ia bagian dari generasi millenials yang mampu melihat tantangan zaman ini. Kalau bukan beliau siapa lagi putra daerah yang mau turun tangan merubah nasib masyarakat Lombok khususnya, potensi pulau kepingan surga ini harus diawasi oleh orang-orang yang pernah hidup sengsara di jalanan pula, begitulah harapan saya pribadi bagi Bang Karman, semoga niatan suci beliau ini diridhoi Allah SWT.

Baca Juga  Dinas Pertanian Lombok Timur: Bibit Tanaman Luar harus Diuji BPSP

Penulis:

Berita Populer

To Top