alterntif text
Berita Utama

Pemkab Morowali Bersama Panwaslu Tanda Tangani Nota Kesepahaman tentang Netralitas ASN

Nota Kesepahaman tentang Netralitas ASN

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Bupati Morowali, Anwar Hafid bersama Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Morowali secara resmi menandatangani nota kesepahaman tentang netralitas Apartur Sipil Negara (ASN) untuk Pilkada Morowali mendatang.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Morowali dengan Ketua Panwaslu di hadapan para ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Morowali sebelum dilaksanakan apel pagi bersama di halaman Kantor Bupati Morowali Fonuasingko Desa Bahomohoni Kecamatan Bungku Tengah, Senin (12 /2/2018).

Bupati Morowali mengatakan, “Kerja sama ini merupakan sebuah bentuk peringatan terhadap semua ASN agar dapat berhati-hati jangan sampai dengan sengaja untuk mencoba-coba melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis.”

“Saya menghimbau agar larangan bagi ASN yang berkaitan dengan Pilkada jelas sudah diketahui lalu sengaja diperbuat, karena pada akhirnya hal itu akan merugikan diri sendiri,” tandas Anwar Hafid.

“Setiap ASN memiliki hak politik, sehingga pada saat kampanye kandidat, ASN diperbolehkan hadir untuk mendengarkan pemaparan visi-misi pasangan calon, tapi jangan sampai melakukan ketentuan yang dilarang,” katanya.

“Hal yang dilarang seperti ketika ASN hadir dalam kampanye menggunakan atribut partai, atau juga ikut bersuara memberikan dukungan kepada kandidat, foto bersama kandidat, komentar atau like di sosmed,” ungkap Anwar Hafid.

Bupati Morowali juga melanjutkan, “Pada prinsipnya, semua larangan yang tidak boleh dilakukan ASN telah diketahui sehingga sangat disayangkan apibila masih ada saja yang dengan sengaja mau berbuat dan mengabaikan segala konsekuensi atau sanksi yang akan dijatuhkan.”

Sementara itu, Ketua Panwaslu, Ruslan menyatakan bersyukur atas segala dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Morowali di mana selaku penyelenggara pengawas dan pemerintah selalu ada komitmen terlaksananya Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

Baca Juga  Anggota Polres Morowali Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuh ASN

“Kami dari Panwaslu mengajak khususnya ASN di Morowali untuk menjaga netralitas sesuai ketentuan yang diberlakukan,” ucap Ruslan.

Kegiatan yang dilakukan merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara Bawaslu RI bersama pihak Kementerian dalam negeri yang orientasinya akan dilaksanakan di setiap Kabupaten/Kota yang akan melakukan pemilihan kepala daerah.

Netralitas ASN merupakan salah satu isu yang kerap terjadi dalam Pilkada dan semua sistem pengawasan dari Panwaslu sudah diatur dalam undang-undang.

“Dan diketahui bersama bahwa ASN juga memiliki hak politik yang sudah dijamin dalam undang-undang,” ujarnya.

Dalam Penandatanganan nota kesepahaman tersebut disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali beserta para asisten dan kepala OPD serta beberapa anggota Panwaslu Kabupaten morowali.

Editor: Abd Rahman Tanra

zvr
Reaksi Anda

Comments

comments

data-ad-format="auto">

Berita Populer

To Top