Leaderboard Iklan HUT RI iglobalNews
Sulawesi Tengah

KPUD Tetapkan Empat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Morowali

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Morowali menetapkan empat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Morowali periode 2018-2023 yang resmi akan bertarung diperhelatan akbar Pilkada Morowali bulan Juni mendatang.

Berdasarkan hasil penetapan KPUD , satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati morowali melalui jalur perseorangan dinyatakan tidak lolos.

Sebelumnya, dua pasang calon melalui dukungan perseorangan yakni Haris Nunu-Ismail Suaib (HARISMA) dinyatakan tidak lolos, sementara pasangan calon Silahudin Karim-Sunardin Firdaus dinyatakan lolos sebagai peserta Pilkada Morowali.

Calon Bupati dan Wakil Bupati H. Silahudin Karim – Sunardin Firdaus akan mendamipingi tiga pasangan calon melalui dukungan partai politik yakni Taslim-H Najamudin (Tahajud), yang diusung Partai Nasdem, Hanura , Golkar dan PKS.sementara pasangan H. Syarifudin Hafid – Chaerudin N Zen (SAH) diusung Partai Demokrat , Pan dan PKB. dan pasangan Ambo Dalle – Aminudin Awaludin (Adam ber Amal) diusung partai Bulan Bintang, PDI dan Gerindra.

Ketua KPUD Kabupaten Morowali Wahyudin Abd Wahid, dalam rapat pleno tahapan penatapan calon Bupati dan Wakil Bupati Morowali mengatakan, tidak lolosnya pasangan Haris Nunu-Ismail Suaib hal itu disebabkan administrasi syarat calon tidak memenuhi syarat.

Syarat calon yang dimaksud adalah “(LHKPN) Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara”. Pasangan calon Haris Nunu-Ismail Suaib dinyatakan tidak memenuhi syarat,” ungkap Wahyudin saat rapat pleno terbuka tahapan penetapan, Senin (12 /02/2018).

Wahyudin juga menyebut dalam undang-undang, ada dua item yang wajib dipenuhi setiap pasangan calon untuk bisa lolos mengikuti Pilkda yakni, “Syarat calon dan syarat pencalonan”.  Dari kedua syarat tersebut apabila ada satu tidak terpenuhi, maka penyelenggara akan mengugurkan calon tersebut.

sebelumnya diketahui ada lima pasang calon yang mendaftar sebagai bakal calon Bupati dan wakil Bupati Morowali , kini tinggal empat pasangan berhak berkompetisi di bursa Pilkada Morowali,”ujar Wahyudin.

Baca Juga  Sulawesi Tengah Rancang SMK Unggulan bidang Kelautan, Pertanian dan Pariwisata

“Penyelenggara Pilkada berharap kepada empat pasangan calon yang sudah lolos dari hasil penetapan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban pada masa tahapan kampanye yang akan diikuti para calon bupati dan wakil bupati morowali,” ucap Wahyudin.

Editor: Abd Rahman Tanra

Iklan Banunanda Nias Iklan HUT RI Aceh Kabupten Pidie
Iklan HUT RI Aceh Kabupten Pidie Iklan HUT RI Pemkab Nias

Berita Populer

To Top