alterntif text
Sumatera Utara

Bangunan Tanpa IMB Menjamur di Kecamatan Medan Amplas

bangunan tanpa IMB

Medan – iGlobalNews | Menjamurnya bangunan yang diduga tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dapat berdiri dengan kokoh di Kecamatan Medan Amplas. Ironisnya, oknum terkait baik Trantib Kecamatan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan serta Satpol PP Kota Medan sepertinya tutup mata tutup dengan adanya bangunan-bangunan tanpa izin tersebut.

Akibatnya, Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan No. 5 Tahun 2012 tentang Restribusi Izin Mendirikan Bangunan dan Perda No. 9 Tahun 2002 tentang Izin Mendirikan Bangunan tidak berfungsi karena belum berjalan sepenuhnya.

Lemahnya pengawasan dari dinas terkait diduga sebagai pemicu menjamurnya Bangunan berdiri tanpa izin maupun berdiri menyalahi izin.

Hal tersebut dapat terjadi, diduga sudah ada setoran yang diterima oleh oknum terkait dari para pemilik bangunan.

Hal itu juga berdampak, sangat merugikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal, Restribusi IMB merupakan andalan pendapatan Pemko Medan.

Di antaranya, bangunan Ruko di Jalan Garu 3, tepatnya di simpang empat dekat Kantor Lurah Harjosari 1, Kecamatan Medan Amplas masih berdiri kokoh dan sudah 60 persen siap terbangun.

Salah Satu Bangunan Yang belum Memiliki IMB

Salah Satu Bangunan Yang belum Memiliki IMB

Selain itu, bangunan rumah kos berlantai 3 berada di Jalan Garu 3 Gang Lima, tepatnya Gang lima itu berada di depan Kantor Lurah Kelurahan Harjosari 1 Kecamatan Medan Amplas. Informasinya, bangunan itu pemiliknya oknum TNI bernama Muklis.

Pengakuan itu terbukti, saat iGlobalNews melakukan investasi dan konfirmasi. “Bang, jumpain aja Pak Muklis tentara yang punya toko alat-alat bilyard MKB di Titi Kuning itu, dia pemiliknya,” kata salah satu pekerja di lokasi bangunan.

Saat iGlobalNews mencoba konfirmasi kepada pemilik (Muklis) di toko MKB, salah satu karyawannya mengatakan, ada apa bang, darimana. “Itu bang, bapak yang diluar itu,” ujar karyawan perempuan Muklis saat ditemui, “Ada apa, kamu darimana. Sudah ada itu izinnya, pak Muklis lagi keluar,” dalihnya sambil meninggalkan awak media.

Bangunan Milik Oknum TNI (Muklis)

Bangunan Milik Oknum TNI (Muklis)

Masih di Jalan Garu 3 Kelurahan Harjosari 1, Kecamatan Medan Amplas, 3 kios dibangun tanpa IMB dan sudah hampir rampung.

Baca Juga  Walikota Gunungsitoli Lantik Pengurus Kwartir Periode 2017-2022

Ironisnya, bangunan yang tidak mengantongi IMB itu berdiri kokoh tanpa ada sentuhan ataupun teguran dari pihak dinas terkait. Padahal, Lurah Harjosari 1 dan Camat Medan Amplas setiap hari melihat bangunan tersebut, karena bangunan itu berada dekat kantor mereka (Muda Harahap dan Khoiruddin Ritonga).

Di tempat terpisah, Camat Kecamatan Medan Amplas Khoiruddin Ritonga kepada iGlobalNews mengatakan, “Kita cek ke lokasi ada izinnya apa tidak. Nanti saya suruh Kasi Trantib untuk menyurati TRTB mengecek ada izinnya apa tidak,” ujar Khoiruddin.

Hal senada dikatakan, Kabid Perijinan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, Jhon Lase, “Saya lagi di luar adinda coba ke kantor saja ditanya. Jika di lokasi bangunan tidak ada plank IMB-nya, sudah jelas tidak ada itu izinnya,” pungkas Lase mengakhiri. (Lubis)

zvr
Reaksi Anda

Comments

comments

To Top