Leaderboard
Sulawesi Tenggara

Sidak Pasar di Buton, Harga Garam Melonjak

harga garam

Buton – iGlobalNews, Menjelang hari raya Idul Adha 1438 hijriah, harga garam disejumlah pasar di ibukota Kabupaten Buton, Pasarwajo mengalami lonjakan. Berbeda dengan harga sembako lainnya yang harganya masih stabil.

Seperti inpeksi mendadak (Sidak) gabungan yang dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Buton dan Dinas  Perdagangan setempat di Pasar Kaloko dan Pasar Sabho, Kecamatan Pasarwajo pada Senin, 28 Agustus 2017. Dari hasil sidak tersebut ditemukan harga sembako jenis garam mengalami kenaikan hingga Rp 1000 per bungkus ukuran 1/2 kilogram.

“Setelah kita lakukan peninjauan, ternyata harga sembako lainnya masih stabil, tapi yang mengalami kenaikan ini cuma garam, dari harga sebelumnya Rp 2000 naik menjadi Rp 3000 per bungkus ukuran setengah kilogram,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Buton, Mustamlin Dally saat ditemui disela-sela sidak di Pasar Sabho.

Menurutnya, melonjaknya harga garam disebabkan adanya kelangkaan garam tersebut akibat dari curah hujan yang cukup lebat beberapa waktu lalu, sehingga menyebabkan pabrik garam yang berada di Pulau Jawa produksinya berkurang.

“Kelangkaan ini memang secara nasional terjadi, bukan hanya di Buton, antisipasinya kita yaitu menghubungi produk-produk yang bisa mengantarkan garam, termasuk Dolog, tapi Dolog tadi sementara kita hubungi katanya tidak ada garam di Dolog karena memang selama ini mereka tidak tangani masalah garam, dan juga selama ini gar tidak pernah langka,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Buton, AKBP Andi Herman S.I.K mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk menjaga kestabilan harga khsusunya menjelang hari raya Idul Adha. Hal itu juga sesuai dengan harapan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka mengantipasi adanya lonjakan dan kelangkaan sembako.

“Kegiatan ini kita laksanakan adalah bentuk tanggungjawab pemerintah, dan ini sesuai dengan keinginan presiden untuk menjaga kestabilan harga khususnya sembako saat menjelang Idul Adha dan sampai saat ini belum ada kenaikan harga yang signifikan, hanya garam saja ini yang naik, kalo sembako lainnya masih stabil,” kata Andi Herman.

Baca Juga  Pemda Wakatobi Usulkan 700 Kuota CPNS 2018

Amatan media ini, Sidak gabungan tersebut dilakukan sekitar pukul 12.00 Wita, dimulai dari Pasar Kaloko dilanjutkan ke Pasar Sabho. Dalam sidak itu juga dihadiri Kasatreskrim Polres Buton, IPTU Hasanuddin, Kepala Seksi Propam Polres Buton, Ipda Anwar, dan sejumlah petinggi Polres lainnya serta jajaran Dinas Perdagangan setempat.(La Ode Ali)

print
Iklan Banunanda Nias Iklan Aceh

Berita Populer

To Top